Wabup Suiasa saat memimpin rapat koordinasi persiapan vaksinasi di Ruang Pertemuan Kantor Desa Taman, Abiansemal, Minggu (13/6).

Badung Perluas Sasaran Vaksinasi Dosis 1

Mangupura, (Metrobali.com)

Pemkab. Badung kembali memperluas sasaran vaksinasi bagi masyarakat, mulai Senin 14 Juni (kemarin) kickoff vaksinasi akan menyasar masyarakat di Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, dengan sasaran peserta sebanyak 4.255 orang. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi persiapan vaksinasi yang dipimpin oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Ruang Pertemuan Kantor Desa Taman, Abiansemal, Minggu (13/6).

Wabup Suiasa mengatakan bahwa vaksinasi akan terus berlanjut guna memenuhi skema dan target yang telah dipasang. “Dari skema dan target, kegiatan vaksinasi di Badung kita targetkan selesai bulan Juni. Karena pemerintah pusat sudah memberi sinyal bulan Juli akan membuka pariwisata Bali, asalkan kasus positif Covid-19 terus menurun. Kasus di Bali harus terus ditekan dikisaran 2 digit atau kasusnya dibawah 100 per hari dan di kabupaten/kota 1 digit atau di bawah 10 kasus per hari,” jelas Suiasa.

Lebih lanjut dikatakan, selain memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan Covid-19, gencarnya kegiatan vaksinasi diyakini menjadi salah satu faktor menurunnya kasus positif di Kabupaten Badung. Vaksinasi yang secara rutin dilakukan ini, tidak terlepas dari ketersediaan vaksin dan tim vaksinator yang selalu siap setiap saat. Selain itu skema, pola dan target yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. Ini juga tidak terlepas dari motivasi dan tanggungjawab aparat paling bawah serta dukungan dari masyarakat. Disebutkan, bahwa vaksinasi di Badung menggunakan strategi teori gelombang air laut. Begitu bentuk gelombang akan mau pecah, disisinya sudah ada gelombang baru. “Skema ini yang kami terapkan, bila di satu tempat vaksinasi sudah mau selesai, kita sudah bergegas memulai vaksin di tempat lain, begitu seterusnya. Skema ini terbukti sangat efektif sehingga Badung menjadi daerah di Bali yang paling efektif melakukan vaksinasi,” terangnya.

Baca Juga :
Bertemu Wamen Kemen LHK, Gubernur Koster Paparkan Kebijakan Lingkungan dan Kehutanan Bali

Untuk itu Wabup Suiasa mengajak semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan vaksinasi ini, sehingga semaksimal mungkin dapat meningkatkan imun dan kekebalan tubuh masyarakat serta menurunkan kasus Covid di Badung. “Meskipun tantangannya cukup berat, namun dengan semangat dan gotong royong kami yakin kita bersama-sama dapat menyukseskan vaksinasi ini,” tambahnya. Pihaknya selaku pimpinan akan menjaminkan ketersediaan vaksin. Dinas Kesehatan telah menyiapkan 56 tim mobiling di luar tim yang standby di puskesmas dan pustu. Setiap tim juga ditarget dapat melayani vaksinasi minimal 150 orang per hari.

“Wabup Suiasa juga menyampaikan, bahwa saat ini kegiatan vaksinasi difokuskan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Abiansemal. Selama tiga hari kedepan vaksinasi akan dilakukan di Desa Taman, demi lancarnya vaksinasi, Suiasa memberikan motivasi dan semangat kepada Kelian se-Desa Taman , untuk selalu solid bekerjasama sekaligus bertanggungjawab mensukseskan kegiatan vaksinasi covid-19 . “Terima kasih atas dedikasinya para kelian dinas, kami mengajak mari kita bersama-sama tetap solid dan bertanggungjawab demi suksesnya vaksinasi. Bangkitkan rasa moralitas kita, mari kita tunjukkan bahwa pemerintah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. Mudahan-mudahan dengan kerjasama tim yang solid target sasaran dapat tercapai dalam tiga hari tersebut,” pintanya. Mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak baik itu tim Kesehatan, pihak Kecamatan, Desa hingga Banjar serta dukungan dari masyarakat, vaksinasi di Badung dapat terlaksana dengan baik dan lancar dan mampu menurunkan angka kasus covid-19 di Badung. “Kami juga berharap kasus covid dapat turun secara signifikan, sehingga rencananya bulan Juli pariwisata akan dibuka,” imbuh Suiasa.

Sementara itu Perbekel Desa Taman I Gusti Made Sudarpa menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati serta motivasi dan arahannya guna mensukseskan program vaksinasi ini. Pihaknya bersama para Kelian sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan disepakati empat lokasi yang akan digunakan sebagai tempat kegiatan vaksinasi diantaranya di SD N 3 Taman, SD N 1 Taman, SD N 5 Taman, SD N 4 Taman dengan jumlah total sasaran vaksinasi sebanyak 4.255 peserta dari 12 banjar dinas, dan berlangsung selama tiga hari”pungkasnya.

Baca Juga :
Perempuan melahirkan di kapal di tengah badai

Rapat tersebut juga dihadiri anggota DPRD I Nyoman Dirgayusa, Perwakilan Dinas Kesehatan dr. I Wayan Darta, Kadis Kominfo I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Perbekel Desa Taman I Gusti Made Sudarpa, LPM, BPD, Sat Gas Covid Desa Taman, Puskesmas Abiansemal IV, Bendesa Adat Taman I Made Tantra, Bendesa Adat Jempeng I Ketut Jenar, Bendesa Adat Batu Bayan I Made Konda, Kelian Dinas se-Desa Taman dan PKK Desa Taman. (RED-MB)