Wabup Suiasa saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Kepengurusan Baru Gerakan Pramuka Kwartir Petang masa bakti 2021- 2024 di Kantor Camat Petang, Senin (28/6).

 

Mangupura, (Metrobali.com)-

 

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Badung di dampingi Camat Petang I Wayan Darma menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Kepengurusan Baru Gerakan Pramuka Kwartir Petang masa bakti 2021- 2024 di Kantor Camat Petang, Senin (28/6).

Melalui pengukuhan pengurus kwartir ranting gerakan pramuka di Badung, Wabup Suiasa berharap dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas gerakan pramuka dalam membangun tunas – tunas muda yang tangguh, mandiri berdaya saing serta memiliki karakter jati diri yang kukuh. “Dalam gerakan pramuka di Kabupaten Badung kita telah mampu menjalankan amanah organisasi kita sesuai dengan UUD dan aturan rumah tangga tentang gerakan Pramuka. Pemerintah pusat dan daerah bertugas untuk membimbing, mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan,” jelas Wabup.

Lebih lanjut Wabup Suiasa mengatakan pengukuhan kwartir di Kecamatan Petang adalah hari ketiga melakukan pengukuhan dan pelantikan pengurus ranting, dan untuk ini Wabup atas nama Kwarcab Badung mengucapakan terima kasih kepada Camat selaku Kamabiran yang sudah memfasilitasi terbentuknya dan juga sampai pengukuhan dan pelantikan kwarran di Petang ini.

“Kami juga berharap dengan dikukuhkanya kepengurusan yang baru Kwartir Cabang Petang masa bakti 2021-2024, dapat mengimplementasikan dan mensinkronisasikan kegiatan kepramukaan, dengan program – program pemerintah di masyarakat, dan mampu menjalankan tugas-tugas pokoknya yaitu membina dan mengantarkan peserta didik untuk maju dan lebih baik di hari esok,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia I Wayan Sariada melaporkan dasar pelaksanaan pengukuhan pengurus kwartir ranting petang masa bakti 2021 – 2024 surat keputusan kwartir cabang gerakan pramuka badung nomor 018 / 2203 – E tentang susunan pengurus dalam hasil rapat pengurus kwarran 22 juni 2021. Dengan maksud dan tujuan pengukuhan ini untuk melaksanakan pengesahan pengurus hasil musyawarah ranting petang yang dilaksanakan tanggal 21 Mei 2021, mengenal dan mensosialisasikan program pengembangan gerakan pramuka di setiap sekolah atau gugusdepan yang wajib dibina di Kecamatan Petang. Dan menjalankan aturan organisasi yang bersumber pada AD/ ART, pasal 53 ART. Hasil musyawarah nasional tahun 2018.

Baca Juga :
Tanah di Tasikmalaya bergerak, rumah warga miring, kaca pecah

Harapannya melalui pengukuhan ini kegiatan pramuka ini semakin dikenal di masyarakat dan mampu memberikan nilai lebih dalam bidang kedisiplinan, kemandirian dan kepribadian yang berkarakter.

Untuk diketahui, Pengukuhan/Pelantikan Gerakan Pramuka Kwartir ranting Petang dilakukan oleh Camat Petang I Wayan Darma, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting/ Ka. Mabiran, hadir pula para pembina dan ketua Kwartir ranting, kepala sekolah selaku Ka. Mabigus serta  adik- adik DKR.

Dalam kesempatan ini setelah melantik kwartir Petang, Camat Petang I Wayan Darma, memberikan ucapan selamat dan sukses kepada kakak- kakak pengurus kwartir Petang yang baru. “Saya berharap setelah ini pengurus yang baru sudah siap untuk melaksanakan tugasnya masing- masing dimana gerakan pramuka ini adalah salah satu wadah pembinaa generasi muda merupakan satu di antara wadah- wadah pembinaan yang ada yang ditugaskan untuk menyelenggarakan pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga. Tentunya dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang dilaksanakannya sesuai dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta situasi di masyarakat,” terangnya.

Sumber : Humas Pemkab Badung