Wabup Suiasa Hadiri Pelantikan Kepengurusan Baru Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kuta, Jumat (25/6) dan Ranting Mengwi Masa Bhakti 2021- 2024, Sabtu (26/6).

Mangupura, (Metrobali.com)

Selaku Ketua Kwartir Cabang Badung, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri dan mengucapkan selamat kepada para pengurus Kwartir ranting gerakan pramuka Kuta, Masa Bakti 2021-2024 yang terpilih dan telah ditetapkan. Pengukuhan/Pelantikan dilakukan, Jumat (25/6), yang mana I Nyoman Kertu.S.Pd., M.Pd dikukuhkan menjadi Ketua Kwartir ranting gerakan Pramuka Kuta periode 2021-2024.

Melalui pengukuhan pengurus kwartir ranting gerakan pramuka di Badung, pihaknya berharap hal itu dapat menjadi momentum, untuk meningkatkan peran dan aktivitas gerakan pramuka dalam membangun tunas tunas muda yang tangguh, mandiri berdaya saing serta memiliki karakter jati diri yang kukuh. “Kami berharap setelah dikukuhkannya pengurus kwartir ranting Kuta masa bakti 2021-2024 dapat mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh sungguh dalam upaya untuk meningkatkan peran lembaga yaitu memberikan layanan kepada adik adik kita yang ada di sekolah atau gugus depan masing masing,” tegasnya.

Dipaparkan, gerakan pramuka lahir sebagai satu satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, menumbuhkan semangat jiwa patriotik dan jiwa bela negara, berdasarkan nilai nilai universal yang terkandung dalam  Dasa Darma Pramuka. Dengan disahkan UU Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka, pemerintah pusat dan daerah bertugas untuk membimbing, Mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan. Pihaknya juga berharap peran serta orang tua, agar dapat memberikan dukungan moral dan finansial bagi pengembangan dan pendidikan kepramukaan di setiap sekolah atau gugus depan, sebagai ekstrakurikuler wajib bagi setiap siswa pada jenjang pendidikan pendidikan menengah dan pendidikan dasar sesuai dengan permen nomor 63 tahun 2014. “Kami juga berharap dengan dikukuhkanya kepengurusan yang baru Kwartir Cabang Kuta masa bakti 2021-2024, dapat mengimplementasikan dan mensinkronisasikan kegiatan kepramukaan, dengan program program pemerintah di masyarakat, dan mampu menjalankan tugas tugas pokoknya yaitu membina dan mengantarkan peserta didik untuk maju dan lebih baik di hari esok,” imbuhnya.

Baca Juga :
Legislator : PLTU Batubara Atasi Krisis Pasokan Listrik

Untuk diketahui, Pengukuhan/Pelantikan Gerakan Pramuka Kwartir ranting Kuta dilakukan oleh oleh Camat Kuta I Nyoman Rudiarta selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting/ Ka. Mabiran, pada Jumat, (25/6). Acara Pengukuhan/ Pelantikan kepengurusan baru Kwartir ranting Gerakan Pramuka Kuta masa bakti 2021-2024 dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Camat Kuta Kecamatan Kuta Kabupaten Badung. Hadir pula, lurah se Kecamatan Kuta, para pembina dan ketua Kwartir ranting, kepala sekolah selaku Ka. Mabigus serta  adik- adik DKR.

Ketua panitia pengukuhan/ pelantikan Kwartir ranting Kuta I Nyoman Tutana mengucapkan terima kasih kami kepada Pemerintah Kabupaten Badung dalam hal ini Bapak Camat Kuta, yang sudah memberikan tempat dan ijin untuk dapat melaksanakan pengukuhan/ pelantikan bagi kepengurusan Kwartir Kuta yang baru Masa Bakti 2021-2024 di ruang Pertemuan camat Kuta. Dasar pelaksanaan, merupakan surat keputusan Gerakan Pramuka Badung Nomor 014/22.03-E tahun 2021, tentang Kepengurusan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kuta 2021-2024. Maksud dan tujuan diselenggarakannya pengukuhan adalah melaksanakan pengesahan  hasil musyawarah ranting Kuta yang telah dilaksanakan pada 5 Mei 2021. Mengenalkan dan mensosialisasikan program-program dan kegiatan kepramukaan untuk dijadikan pedoman pengembangan gerakan pramuka di setiap sekolah gugus depan yang wajib di bina di seluruh kecamatan di Badung.

Selanjutnya Wabup Suiasa pada Sabtu, ( 26/6 ) juga menghadiri acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Baru Kwartir Gerakan Pramuka Ranting Mengwi Periode 2021-2024 bertempat di Ruang Pertemuan Nagara Bhakti Kantor Camat Mengwi, Turut hadir dalam pelantikan ini Camat Mengwi I Nyoman Suhartana selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Mengwi Ka. Mabiran, Kakak Ketua Ranting Mengwi, Kepala Sekolah selaku Ka. Mabigus beserta adik-adik DKR.

Selanjutnya Camat Mengwi I Nyoman Suhartana yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Ka.Mabiran Kwartir Cabang Mengwi mengukuhkan dan melantik pengurus baru masa bhakti 2021-2024 sesuai Surat Keputusan Kwartir Cabang Badung  No 12/22.03-E Tentang Pembentukan Dan Susunan Personalia Pengurus Kwartir Ranting Mengwi masa bhakti 2021-2024.

Baca Juga :
Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Gunung Mas Kalteng, Pariwisata dan Sosial Budaya Badung Dilirik

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Ni Made Sumiati melaporkan dasar pelaksanaan acara ini sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Badung No. 012/22.03-E Tahun 2021 Tentang Susunan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mengwi Masa Bhakti 2021-2024. Maksud dan tujuan diselenggarakan pengukuhan ini adalah melaksanakan pengesahan pengurus hasil musyawarah ranting Mengwi yang dilaksanakan pada tanggal 26 maret 2021, mengenalkan dan mensosialisasikan program-program kegiatan kepramukaan di wilayah kwartir ranting untuk dijadikan pedoman pengembangan gerakan pramuka di setiap sekolah atau gugus depan yang wajib di bina di kecamatan. (RED-MB)