Wabup Suiasa Berikan Pengarahan Kepada Duta Utsawa Dharma Gita Badung

Metro Bali
single-image

Wabup Suiasa saat memberikan pengarahan kepada duta Badung yang mewakili Provinsi Bali pada Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2021 di Padangsambian Kaja Denpasar, Senin (7/6)

Wakili Provinsi Bali dalam lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Nasional 2021

Mangupura, (Metrobali.com)

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa memberikan pengarahan kepada duta Utsawa Dharma Gita Badung yang mewakili Provinsi Bali dalam pelaksanaan lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2021. Acara yang dilaksanakan di Kediaman Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa, Padangsambian Kaja Denpasar, Senin (7/6) ini turut dihadiri Widya Sabha Provinsi Bali Prof. Dr. I Made Surada. M.Ag, Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Widyasahba Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa, pembina dari Widya Sabha Provinsi dan Widya Sabha Kabupaten Badung serta duta Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung.

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan sloka oleh I Gusti Agung Ayu Sibang Ishyana Putri dan dharma wacana dengan Bahasa inggris oleh Ida Ayu Regina Cahyani.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan pemerintah Kabupaten Badung akan terus mendorong dan memberikan ruang bagi anak bangsa di Kabupaten Badung untuk terus berkarya di Bidang apa saja. Apalagi kegiatan seperti ini yang secara langsung dan tidak langsung dapat menghidupkan serta menumbuh kembangkan nilai-nilai sastra seni dan budaya. “Mari secara bersama sama kita terus mendorong anak-anak dan generasi muda untuk terus menggaungkan dan mengambil makna baik itu sloka, sastra dan pesan pesan moral yang terkandung dalam dharma wacana yang disampaikan dengan manis dan lugas yang penuh dengan nilai-nilai religius hindu. Selamat dan sukses bagi duta Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung yang akan mengikuti lomba nanti di tingkat Nasional 2021. Lakukan yang terbaik untuk Badung dan Bali, yang tidak kalah penting, ajang ini diharapkan dapat memperkokoh rasa saling asah, asih, dan asuh masyarakat dan insan se-dharma dalam menghadapi dampak negatif globalisasi dan teknologi informasi,” ujar Wabup.

Baca Juga :
Menko Luhut : Yang Muda Bebas Berkarya

Lebih lanjut dikatakan Utsawa Dharma Gita merupakan upaya mengajegkan sastra budaya dan agama, dimana arus global yang terus merangsek dengan budayanya yang begitu kuat. Kalau ini tidak cepat dan dilakukan secara bersama sama untuk melestarikan, ditakutkan nanti generasi muda nanti melupakan Dharma Gita ini. “Saya berharap Utsawa Dharma Gita menjadi bagian yang tidak terpisahkan di masyarakat untuk bisa bersaing hari ini dan di masa mendatang dalam partisipasinya membangun negeri NKRI yang kita cintai ini,” imbuh Wabup.

Sementara itu Ketua Widya Sabha Badung I Wayan Sudiasa menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Badung serta bimbingan dari Dinas kebudayaan Badung yang tidak henti hentinya memberikan semangat, baik support serta ruang dan waktu bagi Widyasabha Badung.

Pihaknya melaporkan bahwa Lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Nasional 2021 perwakilan anak-anak dari 6 Kecamatan se-Badung, dimana nantinya akan dilaksanakan secara virtual mengingat pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi makna dan arti dari lomba Utsawa Dharma Gita. “Dengan apa yang telah diraih selama ini oleh duta Kabupaten Badung akan terus menjadi napas dan semangat kami seperti puputan Badung dengan Wirang dan jengah untuk nindihin Gumi Badung untuk Bali. Tuntunan restu baik moril dan penyemangat sangat berarti bagi kami beserta para duta Badung yang akan melakukan lomba nantinya,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua Widya Sabha Provinsi Bali Prof.Dr. I Made Surada. M.Ag. bahwa sekalipun lomba Utsawa Dharma Gita dilakukan dengan virtual pihaknya berharap adik-adik dari Badung yang menjadi duta untuk provinsi Bali tetap melakukan yang terbaik. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para pembina pemerintah kabupaten Badung dan semua yang terlibat didalamnya yang bahu-membahu memberikan dorongan kepada adik-adik yang mewakili Bali di tingkat Nasional,” katanya.

Baca Juga :
Evaluation Of Internet Casino's Perfect Incentive special offers!

Dikatakan dalam lomba nanti yang menjadi materi utama diantaranya pembacaan sloka, palawakya, kakawin, kidung, geguritan, dharma wacana berbahasa Bali, dharma wacana berbahasa Inggris, dharma widya, dan menghafal sloka. “Kami yakin dan percaya prestasi Duta Bali dari kabupaten Badung sudah tidak diragukan lagi, dengan apa yang telah diraih dan ditunjukkan selama ini,” imbuhnya.

Untuk memberikan semangat dan motivasi, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa secara pribadi menyerahkan dana Motivasi sebesar 5 juta yang diterima langsung oleh Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa. (RED-MB)

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.