Wabup Suiasa saat menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Caru Balik Sumpah Alit di Banjar Muding Kaja Kerobokan Kaja Badung, Rabu (16/6).

Karya Ngenteg Linggih di Banjar Muding Kaja Kerobokan Kaja

Mangupura, (Metrobali.com)

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa hadiri Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Caru Balik Sumpah Alit di Banjar Muding Kaja Kerobokan Kaja Badung, Rabu (16/6). Turut hadir, DPRD Badung dapil Kerobokan A.A. Ketut Nadhi Putra, Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwita, Camat Kuta Utara I Putu Eka Permana, Lurah Kerobokan Kaja I Ketut Santika, Bendesa Adat Kerobokan A. A. Raka Sutarja serta krama banjar Muding Kaja.

Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung merasa bangga dan ikut ngrastiti bhakti memohon kerahayuan terlebih pada masa pandemi ini.Wabup merasa bahagia dan bangga dengan apa yang telah dilakukan krama Muding Kerobokan telah melaksanakan upacara yadnya dengan gotong royong saling asah asih dan asuh untuk kerahayuan krama dan jagat beserta isinya tentunya dengan prokes. “Melaksanakan yadnya untuk menuju kebahagian sekala niskala dengan tulus dan iklas akan memberikan makna dan arti yang sangat mendalam bagi krama untuk kesejahteraan hari ini dan hari kedepan tentunya. Semoga dengan apa yang kita laksanakan dengan Yadnya yang tulus akan memberikan dampak yang positif bagi kita semua dalam menjalankan kehidupan kedepan,” ujar Wabup.

Wabup juga mengajak krama muding untuk ikut mensukseskan vaksinasi di Badung, vaksinasi yang terus dilakukan di Kabupaten Badung saat ini sudah mencapai 80 %. “Semoga dengan kerja keras dan disiplin kita dengan mematuhi prokes pandemi ini bisa cepat hilang dari muka bumi ini agar kehidupan masyarakat bisa kembali lagi seperti semula,” ujarnya.

Baca Juga :
Setya Novanto dukung Presiden Jokowi dalam merelisasikan Pancasila

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati juga menyerahkan punia sebesar Rp 5 juta yang diterima langsung oleh Ketua Panitia Karya I Wayan Sudiarta.

Prawartaka Karya Yang juga kelian Adat Banjar Muding Kaja I Wayan Sudiarta menyampaikan atas nama krama Banjar Muding Kaja Kerobokan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung dalam kesempatan ini dihadiri Bapak Wakil Bupati dan jajaran. Dilaporkan setelah usainya pembangunan Balai Banjar dan beberapa bangunan Banjar Muding Kaja yang merupakan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Badung tahun anggaran 2017 yang dipergunakan untuk Wantilan, Bale Gong, dapur dan bangunan yang lain. Sementara untuk dana upakara dan upacara ini merupakan kas Banjar serta iuran dan punia dari krama Banjar Muding Kaja sendiri sebesar Rp 400 juta yang dipergunakan untuk biaya upacara ini. “Dengan tetap menjalankan prokes ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara dan upakara ini tetap kami laksanakan untuk memohon kerahayuan jagad dan seisinya dengan yadnya yang tulus dan iklas, semoga mendapat aura yang positif bagi kita semua,” tegasnya.

Terkait dengan rangkaian karya, puncak karya akan dilaksanakan pada 23 Juni Buda Kliwon Matal dan selanjutnya karya Nyegara Gunung akan dilaksanakan pada 4 Juli 2021. (RED-MB)