Wabup. Sudiana Buka Porjar dan PSP Badung 2015

Mangupura (Metrobali.com)-

            Wakil Bupati Badung I Made Sudiana membuka secara resmi Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) dan Pekan Seni Pelajar (PSP) Kabupaten Badung tahun 2015 bertempat di Lapangan Umum Mengwi, Kecamatan Mengwi, Jumat (24/4). Dalam kesempatan itu hadir Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, dari Disdikpora Provinsi Bali, Kadisdikpora Badung I Ketut Widia Astika, Kapolsek Mengwi, Danramil Mengwi, Koni Badung, SKPD Badung dan Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra. Pembukaan Porjar dan PSP ditandai dengan pelepasan balon oleh Wabup. Made Sudiana bersama Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta serta penyerahan piala bergilir .
        Wakil Bupati Badung I Made Sudiana menyampaikan pekan olah raga dan pekan seni pelajar kabupaten badung, merupakan kegiatan bagi para pelajar untuk berkompetisi sekaligus untuk menjalin serta memupuk rasa persatuan dan persaudaraan diantara para atlit dan artis pelajar di kabupaten badung. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan berperestasi yaitu pembinaan terhadap atlit dan artis pelajar, tersedianya sarana dan prasarana olah raga dan sumber daya manusia baik atlit maupun artis dan pembina. Dan tidak kalah penting adalah komitmen bersama dalam bidang olah raga khususnya olah raga pendidikan, dengan terpenuhi faktor faktor tersebut nantinya  badung akan mampu melahirkan atlit maupun artis yang berpotensi serta memiliki bakat, untuk lebih memungkinkan mencapai prestasi yang lebih baik di masa mendatang.
            Satu hal yang perlu dipahami para peserta bahwa porjar dan pekan seni pelajar adalah proses pembelajaran untuk mengetahui dan mengukur penguasaan teknik, taktik strategi maupin stamina. Dengan harapan pada akhirnya nanti akan terpilih atlit dan artis potensial yg mampu membawa dan mengangkat nama daerah pada event olah raga dan seni di tingkat propinsi bali maupun tingkat nasional. “Besar harapan saya melalui porjar dan pekan seni pelajar ini akan muncul atlet atlet serta artis artis yg dapat memperkuat kontingan badung dalm porsenijar bali dan porprov. Bali mendatang,” terangnya.
            Ketua panitia pekan olah raga dan pekan seni pelajar kabupaten badung I Ketut Widia Astika mengatakan, melalui  pekan olah raga dan pekan seni pelajar ini, juga akan di evaluasi secara cermat dan teliti, terhadap peningkatan prestasi yang telah dicapai oleh para atlit dan artis pelajar di kabupaten badung untuk di terjunkan pada event pekan olah raga dan pekan seni pelajar tingkat propinsi bali yg rencananya akan dilaksanakan tgl 4 s/d 11 juni 2015 di Denpasar.  Adapun tema pekan olah raga dan pekan seni pelajar tahun ini adalah “Melalui pekan olah raga pelajar  (porjar) dan pekan seni pelajar (PSP) kabupaten badung tahun 2015 kita tingkatkan pembinaan olah raga dan seni budaya pelajar sebagai ajang peningkatan prestasi”. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 20 cabang meliputi atletik, bulu tangkis, bola basket, bola voli pasir, catur, pecak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, soft ball, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja dan 3 cabang olah raga eksebisi yaitu tarung derajat, balap sepeda dan wood ball. Bidang seni yang dilombakan sebanyak 18 bidang meliputi : jenjang SD: tari gabor/tari baris tuggal, mesatua bali, macepat/skar alit, melukis, menyalin menulis huruf latin ke aksara bali. Jenjang SMP: tari kijang kencana/tari kebyar duduk, mapidarta bahasa bali, makidung/sekar madya, melukis, menyalin huruf latin ke aksara bali di atas daun lontar. Jenjang SMA/SMK: tari taruna jaya/tari jauk manis, darma wacana, mekakawin/sekar agung, melukis, menyalin huruf latin ke aksara bali diatas daun lontar. Peserta pekan olah raga dan pekan seni pelajar kabupaten badung tahun 2015 diikuti oleh kontingen SD dari 6 Kecamatan, seluruh SMP Negeri dan Swasta serta seluruh SMA/SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Badung dengan jumlah peserta keseluruhan 6.768 peserta. Pelaksanaan Porjar dan PSP berlangsung dari tanggal 24 s/d 29 April 2015.  RED-MB 

Baca Juga :
Syekh Abdul Qadar Muhammad, Kisah Wali Pitu di Bali