Lantik Pengurus sekaligus membuka Persami Saka Bakti Husada

Klungkung, (Metrobali.com)

“Mudah-mudahan kedepan, OPD di lingkungan Pemkab Klungkung dapat membentuk Saka guna membantu dalam mensejahterakan masyarakat Klungkung   sesuai dengan bidangnya masing-masing,” harap Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung seusai melantik Majelis Pembimbing, Pimpinan, Instruktur, dan Pamong Saka Bakti Husada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung Masa Bakti 2021 – 2026 sekaligus membuka Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (persami) Saka Bakti Husada bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan Pemkab Klungkung, Sabtu (17/9).

Dalam Arahannya, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung menyampaikan bahwa Saka Bakti Husada melalui enam (6) Krida yang dimiliki, dapat berfungsi sebagai wadah pendidikan dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang kesehatan.

Wabup Kasta menyampaikan kepada para anggota Saka, diharapkan dapat menjadi contoh, agen perubahan dan pedidik sebaya untuk menggerakkan masyarakat sekitarnya terutama generasi muda dalam menerapkan pola hidup sehat, dan kepada Majelis Pembimbing, Pimpinan Saka, Pamong, dan Instruktur Saka benar-benar dapat menunjukkan kinerja terbaiknya sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Klungkung dan sekitarnya.

Wabup Kasta berpesan kepada Anggota Saka Bakti Husada supaya benar-benar dapat  membagi dan mengimplementasikannya ilmu yang diperoleh di bangku pendidikan dan saat berada di Saka Bakti Husada kepada masyarakat Klungkung.

“Selamat atas dilantiknya Majelis Pembimbing, Pimpinan, Instruktur, dan Pamong Saka Bakti Husada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung Masa Bakti 2021 – 2026, semoga melalui Saka Bakti Husada, dapat  menguatkan program pemerintah khususnya dalam bidang kesehatan,” imbuh Wabup Kasta.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) Bakti Husada dalam laporannya menyampaikan Saka Bakti Husada merupakan kader Kesehatan bangsa dan mitra jajaran kesehatan yang berkiprah sejak lama guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan sebagai penggerak masyarakat untuk mencintai hidup sehat melalui berbagai kegiatan bersifat kreatif dan inovatif untuk membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Baca Juga :
Menkominfo: Telekomunikasi mendorong ekonomi digital

lebih lanjut, dr. Ni Made Adi Swapatni menyampaikan Saka Bakti Husada memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Anggota Saka bakti Husada dapat menjadi contoh (Role Model), penyambung informasi, educator dan pendamping di masyarakat dalam pencegahan penyakit. Anggota Saka Bakti Husada diharapkan dapat menjadi pelopor kesehatan dimulai dari diri sendiri, kelaurga maupun masyarakat.

Dalam Saka Bakti Husada terdapat beberapa Krida, Krida adalah satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu, adapun Krida-krida dalam Saka Bakti Husada, sebagai berikut. Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Pada kegiatan tersebut, Dr. Ida Ayu Megawati, S.Ked dilantik sebagai Ketua Saka bakti Husada Kabupaten Klungkung. Adapun Kegiatan Persami diadakan pada tanggal 17 sampai dengan 18 September 2022 bertempat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung yang diikuti oleh 20 orang anggota . (Humasklk/Cok).