Gianyar, (Metrobali.com)

Masyarakat Ubud merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dengan upacara di Campuhan dan parade seni Janu Sadhu Mahardika. Menariknya, seorang veteran perang berusia 92 tahun ikut dalam parade yang berlangsung Rabu (17/8/2022) tersebut.

AA Gde Raka Darma adalah veteran perintis kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Gde Raka mengaku terharu dan bangga bisa terlibat dalam parade seni kemerdekaan yang diselenggarakan Yayasan Puri Kauhan Ubud bekerja sama dengan Kelurahan Ubud dan PT Pupuk Kaltim. Turut hadir dalam parade seni tersebut Staf Khusus Presiden RI Sukardi Rinakit, Kapolsek, Wadanramil, dan tokoh masyarakat Ubud.

Gde Raka bersyukur karena di usianya saat ini masih bisa ikut merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia. “Saya sangat senang dan bangga, perjuangan kami dulu bisa dirasakan oleh anak cucu dan seluruh rakyat Indonesia. Saya bersyukur saat ini masih diajak untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.

Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud Ari Dwipayana mengatakan bahwa pelibatan veteran adalah bentuk penghormatan dan ucapan terima kasih atas perjuangan mereka sehingga Indonesia bisa merdeka seperti saat ini.

Ari Dwipayana yang juga Koordinator Staf Khusus Presiden RI berpesan, “tugas kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan para veteran, bukan lagi melawan penjajah, tetapi untuk mewujudkan Indonesia Maju.”

Parade ini diikuti oleh komunitas-komunitas seni Ubud, Mahasiswa KKN Unud, Mahasiswa KKN UHN, STT Banjar Ubud Tengah, Ubud – Gianyar, dan SBAC Bentuyang. Para peserta, masyarakat sekitar, turis lokal, dan turis mancanegara antusias mengikuti parade seni ini yang berlangsung sangat meriah ini. (RED-MB)

Baca Juga :
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Ruang Tunggu Poliklinik Sanglah