Bangli (Metrobali.com)-

Serangkaian Karya Ngusaba Betara Turun Kabeh Ring Pura Kehen Bangli yang dilaksanakan pada Purnama Kalima, Soma Manis Medangkungan tanggal 29 Oktober s.d 7 Nopember 2012, Selasa ( Anggara Kliwon Tambir) 23/10/2012 dilaksanakan upacara karya Balik Sumpah yang dipuput oleh empat  Pandita : Ida Pandita Made Rai Griya Bukit, Ida Pandita Buda Alang Kajeng Nongan, Ida Rsi Bujangga Waisnawa Panca Tirta Griya Giri Gunaksa Bangli, dan Ida Pandita Istri Tukang.

Pada hari itu juga dilaksanakan Pecaruan Manca Kelud yang Wewalemannya berupa : kambing, angsa, babi, anjing blangbungkem, diringi tarian sakral : rejang dewa dan pendet dari adat banjar Pule, topeng sida karya dari bara bhakti budaya Polres Bangli, wayang gedong, dan selonding. Selain itu, juga dilaksanakan pewintenan kepada 100 Pemangku  Bebanuan Gebog Domas Pura Kehen Bangli. Prosesi upacara Balik Sumpah juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha beserta istrinya Sang Ayu Sariasih Sedana Arta, Ketua DPRD Bangli Ida Bagus Raka Mudarma, dan jajaran SKPD Pemkab Bangli, Kepala BPD Cabang Bangli, Direktur Bank Pasar Bangli, juga para wisatawan mancanegara.

Bethara turun kabeh di Pura Kehen  dilaksanakan tiga tahun sekali setiap sasih kelima yang puncak karyanya pada tanggal 29 Oktober 2012, dan pada Saniscara Wage Tambir  pada tanggal 27/10/2012 pada pukul 11.00 wita akan diadakan Upacara Pemelastian  dan pada pukul 16.00 wita akan dilaksanakan pemendak. HB-MB

Baca Juga :
PAN Bali Dukung Pilkada di Dewan