Tujuh Anggota DPD Kunjungan Kerja Ke Gianyar

Gianyar(Metrobali.com)-

Tujuh anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Gianyar, Bali terkait pengawasan pelaksanaan Undang-Undang APBN tahun anggaran 2014.

Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komite IV DPD RI, Litha Brent mengadakan pertemuan dengan Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata, Jumat (12/9).

Litha Brent menjelaskan, kunjungan tim yang dipimpinnya bertujuan untuk mengetahui, mengawasi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat tentang pelaksanaan APBN tahun anggaran 2014.

Dari diskusi tersebut diperoleh kesimpulan bahwa, potensi industri jasa pariwisata di Kabupaten Gianyar mendapat dukungan dari pemerintah pusat, namun dukungan tersebut belum cukup memadai untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif masyarakat, perkoperasian dan UMKM.

Pengawasan lainnya yang ditemukan adalah pelaksanaan keuangan daerah yang meliputi dana transfer ke daerah dan PAD telah dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu masih dijumpai permasalahan dana transfer ke daerah yakni, dana alokasi umum belum mencukupi keperluan pelayanan minimal kepada masyarakat, dan memenuhi kebutuhan pengangkatan CPNS baru.

Dalam bidang pendidikan ditemukan permasalahan pada pencairan dan bantuan operasional sekolah (BOS) yang ditransfer secara langsung ke sekolah-sekolah, namun tidak ditindaklanjuiti berupa edaran atau tembusan kepada daerah.

Permasalahan belum adanya kepastian kontrak dari Lembaga Kebijakan Pengadaan/Jasa Pemerintahan (LKPP) untuk pengadaan buku semester II yang dialokasikan 25 persen dari total DAK yang diterima.

DPD RI mengapresiasi pencairan dana tunjungan sertifikasi guru dan tunjungan nonsertfikasi yang telah direalisasikan kepada guru, serta pemberian insentif yang bersumber dari APBD Kabupaten Gianyar kepada kepala sekolah dan guru.

Bupati Agung Bharata menekankan pelestarian budaya agar mendapatkan perhatian pemerintah pusat antara lain melalui adanya dana alokasi khusus di seluruh Indonesia.

Aspirasi dari Bupati itu mendapat respon positif dari seluruh anggota DPD. Selanjutnya akan disampikan sebagai bahan masukan untuk penyusunan hasil pengawasan DPD RI terhadap pelaksanaan APBN tahun 2014, dan perbaikan kebijakan perimbangan keuangan pusat dan daerah.

Anggota DPD RI yang mengadakan kunjungan ke Kabupaten Gianyar, yang dipimpin Litha Brent, terdiri atas I Nengah Wiratha, Rosma Djohan, Elnino M. Husein Mohi, Lalu Abdul Muhyi Abidin, Said Akhmad Fawzy Bachsin, da Yuan Rasugi Sang. AN-MBĀ 

Bagikan :
Baca Juga :
Balada Koruptor "Bokek"

Leave a Comment

Your email address will not be published.