Foto: Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) DPD Partai Golkar Provinsi Bali akan menggelar webinar dengan topik, “Pemajuan LPD dari Aspek Regulasi, Kelembagaan, dan Keuangan. Webinar akan dilaksanakan hari Jumat (20/08/2021) bertempat di Sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Bali.

Denpasar (Metrobali.com)-

Komitmen Partai Golkar Bali “sing main-main” (tidak main-main) dalam memajukan dan menguatkan keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali.

Partai “Beringin” terus menunjukkan upaya konsisten dan totalitas dengan berbagai strategi untuk membuat LPD makin kuat, maju dari berbagai aspek aspek secara menyeluruh.

Baik penguatan kelembagaan, keuangan, kelembagaan termasuk membantu mengatasi berbagai permasalahan yang menyandera LPD termasuk dari masalah hukum.

Sebagai bentuk keberlanjutan program Golkar Bali untuk memajukan dan menguatkan LPD di Bali, Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) DPD Partai Golkar Provinsi Bali akan menggelar webinar dengan topik, “Pemajuan LPD dari Aspek Regulasi, Kelembagaan, dan Keuangan. Webinar akan dilaksanakan hari Jumat (20/08/2021) bertempat di Sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Bali.

“Ada beberapa hal yang patut dibenahi terutama aspek regulasi, kelembagaan, dan keuangan selain juga aspek sumber daya manusia LPD,” kata Ketua Bakumham Golkar Bali, Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati, S.Sos., S.H., M.Si., dalam keterangan pers kepada wartawan di Sekretariat Golkar Bali, Selasa (17/08/2021).

Didampingi Ketua Panitia Webinar I Made Bandem Dananjaya, S.H., M.H., dan anggota Bakumham Golkar Bali, Sri Wigunawati mengatakan webinar ini juga berangkat dari pendampingan Bakumham Golkar Bali terhadap dua LPD yang saat ini tengah tersangkut masalah hukum. Dari pendampingan hukum itu, Bakumham Golkar Bali melihat ada beberapa hal di dalam LPD yang patut dibenahi seperti manajemen, SDM, dan lainnya.

Baca Juga :
Sanur Menjadi Kawasan Strategis

“Dalam webinar itu nantinya Bakumham Golkar Bali bersama-sama para narasumber akan memberikan kontribusi pemikiran untuk nantinya bisa memberikan penguatan pemajuan kepada LPD sehingga LPD akan semakin kuat baik aspek regulasinya, kelembagaannya, keuangannya dan bahkan SDM-nya,” terang srikandi Partai Golkar ini.

Setelah melakukan pendampingan hukum terhadap dua LPD yang saat ini tengah tersangkut masalah, Bakumham Golkar Bali melihat ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi LPD menjadi tidak sehat.

Antara lain faktor SDM, manajemen, komitmen pengurus masih rendah, belum sinkronnya antara pengelolaan LPD dengan prajuru adat, dan faktor berikutnya adalah terjadi kredit macet.

“Salah satu tujuan kami menggelar webinar nanti adalah memberikan wawasan serta pengetahuan kepada masyarakat tentang penguatan LPD dari aspek regulasi, kelembagaan, dan keuangan,” jelas Ketua Panitia Webinar Bandem Dananjaya.

Webinar nanti akan mengundang beberapa narasumber baik offline maupun online. Diantaranya Ketua BKS-LPD Bali Nyoman Cendikiawan dari aspek filosofi dan kelembagaan, Dr. I Nyoman Sukandia, S.H., M.H., dari aspek yuridis, Prof. Dr. I Wayan Ramantha, S.E., M.M., Ak., dari aspek ekonomi sosiologis, dan Ketua Bakumham Golkar Bali Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati.

Sementara narasumber online yang menyatakan akan hadir dalam webinar nanti, diantaranya Kapolda Bali cq Kabidkum, Kejaksaan Tinggi Bali cq Aspidsus, Majelis Desa Adat Provinsi Bali, Kombes Pol. (Purn.) Jero Gede Putus Upadesa Suwena selaku Bendesa Adat Muncan, Karangasem.

“Selain itu juga akan hadir online Gubernur Bali, Ketua DPRD Bali, DPR dan DPD Dapil Bali, kepala daerah se-Bali dan undangan lainnya,” pungkasnya. (dan)