Mangupura (Metrobali.com)-

Dalam rangka membangun kesetiakawanan sosial seluruh komponen anak bangsa mempunyai tanggung jawab untuk senantiasa mengasah kepekaan serta empati sosial terhadap sesama yang kebetulan memiliki nasib kurang beruntung. Setidaknya hal tersebut telah ditunjukkan Nyonya Ida Rizal Djalil ketua rombongan Ibu-Ibu Anggota BPK saat berkunjung ke YPAC ( Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Bali di Jimbaran Kuta Selatan, Selasa (4/12) kemarin.  Hadir dalam kesempatan tersebut  Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Badung Nyonya R. Swandika mewakili Ketua K3S Badung, Camat Kuta Selatan beserta istri.

Nyonya Ida Rizal Djalil disela-sela kunjungan menyampaikan tujuan berkunjung ke  YPAC Jimbaran adalah untuk melihat lebih dekat anak-anak yang kurang secara fisik maupun mental yang dikelola oleh pihak swasta. Disamping itu juga ingin mendapat masukan terkait keberadaan YPAC Jimbaran.

Sementara kepala sekolah YPAC Drs. I Nyoman Aria menjelaskan di hadapan rombongan bahwa YPAC sudah berdiri sejak tahun 1975 ini memiliki 3 pelayanan rehabilitasi yakni rehabilitasi pendidikan, rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Rehabilitasi pendidikan meliputi TK LB (Luar Biasa) sampai SMP LB dengan total jumlah siswa 46 orang. Untuk rehabilitasi medis meliputi fisioterapi serta terapi okupasi sedangkan rehabilitasi sosial adalah merehabilitasi aspek sosial murid dengan pemondokan sehingga bisa bersosialisasi.

Rombongan juga disuguhi dengan atraksi yang dibawakan oleh anak-anak yang sering disebut dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) seperti menyanyi yang dibawakan oleh siswi yang mengalami kesulitan melihat serta anak yang mengalami autis dan  pusi yang dibawakan oleh siswa yang mengalami kelainan pertumbuhan kakinya. Setelah itu rombongan juga diajak melihat-lihat hasil kerajinan anak-anak berupa ikat rambut, gelang serta kalung. Kerajinan ini menurut petugas YPAC setiap 6 bulan dikirim ke Belanda untuk dijual. “Kami tidak menyangka anak-anak yang mengalami kekurangan secara fisik bisa menyanyi,puisi bahkan membuat kerajinan tangan tanpa merasa dirinya minder atau cacat..sementara yang sehat jasmani dan rohani sering mengeluh” puji Nyonya Ida Rizal Djalil

Baca Juga :
STT Bandhu Hita Duta Klungkung, Dinilai Tim Provinsi

Akhir acara rombongan ibu anggota BPK memberikan bantuan kepada YPAC sebesar Rp. 10 juta, serta memberikan tali kasih kepada anak-anak YPAC masing-masing sebesar Rp. 100 ribu. IKA-MB