Tiga Siswa SD Keracunan Sosis Jalanan

single-image

Karangasem ( Metrobali.com )
Makanan yang dijajakan pedagang keliling yang biasa mengkal didepan sekolah membawa petaka 3 ( tiga ) siswa. Tiga orang siswa SD Negeri 5 Pempatan, Rendang Karangasem serta seorang Warga  mengalami keracunan, setelah makan sosis yang dibelinya dari penjual sosis keliling.
Dari informasi yang dihimpun Metrobali.com bahwa peristiwa siswa keracunan terjadi pada hari Selasa 18/9 ketika itu siswa SD yang bersangkutan selesai melaksankan persembahyangan Puja Tri Sandya sekitar pukul 07.00 WITA. Mereka yang keracunan adalah I Kadek Rudi Sapta Wardita (11) yang baru duduk di kelas VI dan I Gede Tapa (10) kelas V mengalami mual dan kepala pusing. Sedangkan dua lainnya yakni Putu Astawa (9) siswa kelas IV sekolah yang sama dan I Made Sumarjaya (21) warga yang berasal dari Banjar Pemuteran Desa Pemuteran Kecamatan rendang Karangasem mengalami mual dan kepala pusing sehari sebelumnya (17/09) juga setelah memakan sosis dari penjual sosis keliling yang tidak diketahui namanya.
Sementara I Kadek Rudi Sapta Wardita dan I Gede Tapa mengalami mual dan kepala pusing dua puluh menit setelah memakan sosis yang mereka beli didepan Sekolah. Bahkan salah seorang siswa yakni I Kadek Rudi Sapta Wardita harus dilarikan ke Puskesmas Rendang untuk diberikan penanganan dengan diberikan infus karena kondisinya selain mual dan kepalanya pusing juga badannya menggigil.

Sedangkan I Gede Tapa hanya dibawa ke Puskesmas Pembantu yang berada didekat sekolah karena kondisinya hanya mual dan kepala pusing saja. ”kedua siswa membeli sosis sekitar pukul 07.00 WITA, sehabis sembahyang (Tri Sandya) keduanya mengaku pusing dan mual-mual,”ujar I Ketut Nuada salah seorang Guru yang mengantar ke Puskesmas.
Keluhan yang sama juga dialami oleh siswa Putu Astawa (9) dan I Komang Sumarjaya (21) warga setempat sehari sebelumnya. Menurut I Made Sumarjaya dirinya mengalami mual dan kepalanya pusing sehabis memakan sosis yang dijual oleh pedagang yang sama, untuk memulihkan kondisinya Sumarjaya harus tidur seharian. ”Tadi ketika ada ribut-ribut siswa keracunan, penjual sosis langsung pergi,”ujar Sumarjaya.
Sedangkan Dokter Puskesmas dr. Angga Wirayogi membenarkan kedua siswa tersebut mengalami keracunan makananan sosis yang mereka makan. Mereka hanya mengeluh mual dan kepalanya pusing,akan tetapi tidak begitu parah. Dokter menduga sosis yang dijual tersebut  kemungkinan sudah kedaluwarsa atau penyimpanannya kurang bagus.”bisa jadi karena proses penyimpanannya tidak bagus,atau sosis yang dijual sudah kadaluwarsa,”ujarnya.
Informasi yang didapat dari warga, penjual sosis tersebut memang sering berjualan di sekitar wilayah Rendang. Namun baru kali ini ada yang sampai mengalami keracunan sehabis memakan sosis tersebut. Warga berharap kepada instasi yang terkait dengan kejadian tersebut agar pedagang sosis yang sering mangkal ataupun berjualan ditempat lain ditindak untuk diperiksa, hal tersebut supaya tidak banyak jatuh korban keracunan, ujar warga yang tidak mau namanya diketahui. SUS-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Bupati Artha dan Menpan RB Tanda Tangani Komitemen Penyelenggaraan MPP

Leave a Comment

Your email address will not be published.