Jembrana (Metrobali.com)
Razia masker penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 rutin dilakukan di Kabupaten Jembrana. Kegiatan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dilaksanakan di lokasi berbeda. Bahkan kerap menyasar titik-titik kerumunan warga.
Selama tiga bulan razia dilaksanakan mulai tanggal 7 September hingga tanggal 27 Nopember 2020 sebanyak seribu lebih warga ditindak karena melanggar. Razia melibatkan petugas gabungan dari anggota Sat Pol PP Jembrana, Polres Jembrana dan Kodim 1617/Jembrana.
Data dari Sat Pol PP Jembrana, jumlah pelanggar protokol kesehatan (prokes) berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 36 tahun 2020 sebanyak 1.347 orang. Dengan rincian 235 orang di bulan September, 531 orang bulan Oktober dan bulan Nopember sebanyak 581 orang.
Dari jumlah kumulatif pelanggar itu sebanyak 20 orang ditindak sanksi administrasi berupa denda senilai Rp.100 ribu per orang. Sedangkan 1.327 orang lainnya dikenakan sanksi pembinaan.
“Sanksi dendanya langsung disetorkan ke kas daerah* ujar Kasat Pol PP Jembrana Made Leo Agus Jaya dikonfirmasi, Minggu (29/11).
Sedangkan sanksi pembinaan kata Leo, dikenakan kepada warga dan pengguna jalan yang umumnya salah dalam menggunakan masker. Seperti masker yang seharusnya menutupi bibir dan hidung, namun dikenakan di leher.
“Selain pembinaan, warga yang salah menggunakan masker juga kita buatkan berita acara* terangnya.
Razia masker lanjutnya rutin dilakukan bersama personil dari instansi lainnya diantaranya dari Kodim 1617/Jembrana dan Polres Jembrana. Sedangkan terkait lokasi razia dilakukan berpindah-pindah, tidak monoton satu tempat juga menyasar ke tempat-tempat kerumunan warga.
Menurutnya selama tiga bulan pelaksanaan razia masker mulai bulan September sampai Nopember 2020 total ada 1.347 orang dikenakan sanksi karena melanggar, dimana 1.327 orang dikenakan sanksi pembinaan.
“Disetiap kegiatan razia kami juga melakukan himbauan-himbauan. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini warga semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan” pungkasnya. (Komang Tole)