Denpasar, (Metrobali.com)
Komisi penanggulangan AIDS (KPA) Kota Denpasar menggelar temu informasi bersama Forum Guru Pembina  Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba Kota Denpasar Tahun 2022 di Hotel Puri Ayu, Jalan PB Sudirman, Selasa (14/6)
Acara ini dibuka oleh Wakil Walikota Denpasar yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. Tampak hadir juga dalam acara ini, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti, perwakilan dari BNN Kota Denpasar, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, serta Guru Pembina Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) tingkat SMP dan SMA/SMK se – Kota Denpasar.
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dalam sambutanya menyampaikan, bahwa kita patut berbangga sudah memiliki Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) yang merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler di Tingkat SMP dan SMA/SMK. “Saya berharap agar kegiatan ini dapat dimaksimalkan dalam upaya sedini mungkin untuk menyebarluaskan informasi tentang HIV/AIDS, narkoba, Sehingga remaja dan generasi muda kita memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk membentengi diri dari pengaruh buruk pergaulan bebas dan informasi media sosial yang tidak mendidik. Kita harus terus  gelorakan demi menjawab tantangan kita kedepan dalam mewujudkan tujuan penanggulangan HIV AIDS yaitu Getting Three  Zero (Zero New Infection, Zero AIDS – Related Death dan Zero Discrimination) di tahun 2030, ” ujarnya.
Lebih lanjut disampaikan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Denpasar, secara kumulatif sejak tahun 1987  hingga April Tahun 2022 kemarin, kasus HIV  yang dilaporkan sejumlah layanan di Kota Denpasar sebanyak  14.177 kasus, terdiri dari kasus HIV  8.034, dan AIDS  sebanyak 6.143 kasus dan kasus AIDS meninggal dunia sebanyak 243 kasus. Dalam menghadapi tantangan tersebut, kita harus bertindak cepat dan tepat untuk dapat mengalahkan kecepatan penyebaran HIV di kalangan remaja. Kita harus lebih kreatif membuat program program yang bisa untuk meningkatkan kewaspadaan generasi muda akan bahaya HIV/AIDS.
Sementara Ketua Panitia kegiatan Temu Informasi FGP KSPAN Kota Denpasar, yang juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti,  mengatakan,  tujuan diadakanya kegiatan ini adalah untuk menggalang kerjasama antar KSPAN SMP-SMA/SMK Se Kota Denpasar serta sebagai ajang tukar menukar informasi antar Guru Pembina KSPAN Tingkat  SMP-SMA/SMK Se Kota Denpasar. (Hms Dps)
Baca Juga :
Puan Maharani Didampingi Wapres ke Surabaya