Mangupura (Metrobali.com)-

TBC atau Tuberkulosis merupakan  penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis dan menular melalui udara. Karena penularannya melalui udara, kuman TBC itu terdapat dimana-mana  pada lingkungan yang ada penderita TBC.   Untuk meminimalkan jumlah penderita TBC di Badung Pemerintah Kabupaten Badung melalui PPTI (Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia) Cabang Badung melaksanakan penyuluhan-penyuluhan terkait TBC. Salah satunya memberikan penyuluhan kepada warga Desa Adat Tuban yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Tuban, Minggu (18/11). Hadir dalam kesempatan tersebut Lurah Tuban I Gede Raka, Kaling Tuban Griya , Jro Bendesa Desa Adat Tuban, Lansia Desa Adat Tuban serta anak-anak Pesraman Desa Adat Tuban.

Bendesa Adat Tuban Nyoman Suwena menyambut baik penyuluhan TBC dan merupakan bukti komitmen  Pemerintah Kabupaten Badung dalam upaya mewujudkan Badung Sehat.

Sekretaris PPTI dr. Wayan Gde Arimbhawa, M.Kes menyampaikan tujuan dari penyuluhan TBC memberikan informasi yang benar kepada Masyarakat bahwa Penyakit TBC dapat disembuhkan dengan minum obat dengan teratur dan tekun selama 6 bulan serta melakukan perilaku hidup sehat. Lebih lanjut dikatakan penyakit TBC adalah penyakit menular dan bukan penyakit keturunan dimana kuman penyakit tersebut dapat menyerang semua bagian tubuh dan yang paling sering terkena adalah Organ paru (90 %)  .

Sementara itu Ketua Pelaksana Harian PPTI Drs. I Made Gatra disela-sela acara mengatakan penyuluhan TBC dilaksanakan sebanyak 6 kali di 6 kecamatan yakni pada tanggal 6 November 2012 dilaksanakan di Desa Taman Kec. Abiansemal, 10 November 2012 di Desa Tumbak Bayuh Kec. Mengwi, 14 November 2012 di Banjar Anyar Klod Krobokan Kec. Kuta Utara, 18 November 2012 di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Tuban Kec. Kuta, 19 November 2012 di Banjar Cenggiling Kec. Kuta Selatan dan terakhir di Desa Getasan Kec. Petang pada tanggal 20 November 2012.

Baca Juga :
Ucapan Belasungkawa Kepada Kabid Pelatihan Tenaga Kerja Sosial Pemkab Klungkung

Penderita TB di Kabupaten Badung yang ditemukan dan diobati Tahun 2012 sebanyak 238 orang dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 239 orang termasuk penderita yang diobati tahun 2011. Sementara penderita TB yang sedang dan masih menjalani pengobatan sampai bulan Oktober 2012 sebanyak 115 orang yang tersebar di 6 Kecamatan dengan perincian Kec. Kuta Selatan 25 orang, Kec. Kuta 36 orang, Kuta Utara 25 orang, Kec. Abiansemal 13 orang dan 16 orang dari Kec. Mengwi. IKA-MB