Jakarta (Metrobali.com)-

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan Ketua MPR Taufiq Kiemas meninggal dunia di rumah sakit di Singapura pada sekitar pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 18.05 WIB dan dijadwalkan dimakamkan di TMP Kalibata,Jakarta, Minggu.

“Saya mendapat kabar dari keluarga, bahawa Pak Taufiq telah tiada,” kata Tjahjo Kumolo di Jakarta, Sabtu (8/6) malam.

Menurut Tjahjo, Taufiq Kiemas rencananya akan diterbangkan dari Singapura ke Jakarta, pada Minggu (9/5) pagi.

Informasi dari keluarga, menurut Tjahjo, Taufiq Kiemas akan dimakamkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu.

“Informasinya akan dimakamkan disamping makam ayahnya,” katanya.

Tjahjo juga menjelaskan, Taufiq Kiemas dirawat di rumah Sakit di Singapura sejak empat hari hari lalu karena kelelahan setelah mengikuti kegiatan kenegaraan, yakni peringatan hari lahirnya Pancasila, di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu, 1 Juni 2013.

Setelah kembali dari Ende, pria kelahiran Jakarta pada Desember 1942 ini merasa sangat lelah dan kemudian berangkat ke Singapura, pada Selasa (4/6) untuk berobat.

Anggota Komisi I DPR ini juga menjelaskan, informasi dari keluarga mengatakan, bahwa kondisi kesehatan Taufiq Kiemas pada Sabtu pagi sempat turun atau drop tapi pada sore harinya membaik lagi.

Keluarga yang mendampingi Taufiq Kiemas di singapura adalah, istrinya Megawati Soekarnoputri, anaknya Puan Maharani, serta anak-anaknya yang lain. INT-MB