Jembrana (Metrobali.com)

 

Pasangan pereli nasional dari Tim DMO Banteng Motorsport-SITU-Suzuki Rally Team yang didukung
oleh ATPM Suzuki Suryo Putranto dan Suryo Prihatmanto dengan navigator 2 Rizky Eka Adikara dan
penumpang Dio Satrio Yudhonugroho sukses menyabet gelar Juara Umum 1 dalam gelaran Kejuaraan Nasional (kejurnas) Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022 di Jembrana-Bali yang dihelat 13-14 Agustus kemarin.

Pereli asal Jawa Timur ini menjuarai kejurnas putaran 2 ini dengan angka hukuman
terendah yaitu 626 berdasarkan perhitungan akumulasi hukuman di 2 etape dan 4 trayek, mengungguli jawara pada putaran 1 di Sulawesi Selatan bulan Juli lalu yaitu pereli M. Gustapriya A, Candra Hadiqadriman dan Aloysius Adinta Santosa dari Yogyakarta yang kali ini harus puas berada di posisi ketiga. Pereli Protect Sport Rally Team ini memperoleh angka hukuman 1.244.

Sementara itu posisi juara ketiga diraih oleh pereli dari tim TSDC yaitu Tegar Adidharma, Rizky Amirullah dan Sukma Elmie Permata Putra dari Jawa Timur dengan angka hukuman 1.152. Posisi keempat direbut pereli Priandono Hernanto, Susuila Hutama dan Alfian Rudianto Malaka juga dari Jawa Timur dengan angka hukuman 1.497 dan disusul pereli dari Hyundai Gowa Rally Team, Taufiqurrahman, Bambang Feriyanto dan Nuri Salmun yang merupakan pasangan gado-gado dari Bali dan DKI Jakarta di posisi kelima dengan angka hukuman 1.617.

Sukses yang diraih pereli Suryo Putranto, Suryo Prihatmanto, Rizky Eka Adikara dan Dio Satrio
Yudhonugroho ini terasa sempurna setelah timnya DMO Banteng Motorsport-SITU-Suzuki juga
meraih sukses besar dengan menempatkan dua pereli lainnya di posisi sepuluh besar yaitu Gerry
Rosanto, Didi Dewanto dan Nur Ariza P., dari Jawa Timur di posisi delapan serta Dawan Anggara, Roy
Adranto dan M. Iqbal Hatta dari Jawa Tengah-Sulawesi Selatan di posisi kesembilan sekaligus
menyabet gelar juara pertama kategori Team Klub Nasional. Sementara posisi kedua dan ketiga
kejuaraan team klub diraih Protect Sport Rally Team dan Hyundai Gowa Rally Team.

Baca Juga :
Kegiatan Gerakan Semesta Berencana Vali Resik Sampah Plastik, Pemkab Jembrana Pusatkan di Rambutsiwi

Pereli andalan tuan rumah, Patriana Krisna (Ipat), yang dinavigatori oleh Inda Swari Dewi, I Nyoman
Perdana dan Komang Kesava Krisna dari jembrana, Bali, masih bisa menunjukkan kemampuannya diajang time rally dengan menempati posisi kesembilan di kategori Seeded B.

Pereli yang juga merupakan Wakil Bupati Jembrana ini mengumpulkan angka hukuman total 5.596. Sedangkan juara
pertama hingga ketiga di kategori ini diraih oleh Priandono Hernanto, Susuila Hutama dan Alfian
Rudianto Malaka (Jawa Timur), Lambang Trikuncoro Wahyu, Faridiah Notariani dan Sri Lestari
Pujiastuti (Yogyakarta) serta Hendy Wijaya, Heni Widiyanti dan Dadang Wijaya Kusuma (Yogyakarta).

Sedangkan di kategori kejuaraan wanita, pereli asal Bali, Ni Nyoman Yulia Artawati, Luh Putu Eka Suryani dan Renisa Cantiputri dari Daihatsu SIG Rally Team berhasil menjadi kampiun di kategori ini detelah berhasil mengungguli pereli yang merupakan rekan setimnya di Daihatsu SIG asal Kalimantan Timur, Noor Awalah, Wenda Lussy Jeane dan Detty Damayanti di posisi kedua dan pereli Bali lainnya Ni Komang Sukma Giri P, M. Adelia Desintha D, Ni Komang Ayu Diah S, dan Ni Luh Putri Junian A, di
posisi ketiga. Ni Komang Sukma Giri P, dkk ini adalah rekan satu team Wabup Patriana Krisna(Ipat) di SNK Jembrana Team.

Wabup Ipat yang juga merupakan Ketua Panitia Negaroa Wisata Rally 2022 ini saat penobatan pemenang Minggu malam ( 14/8), dalam laporannya menyampaikan bahwa secara keseluruhan kejurnas ini berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal hal-hal yang tidak diinginkan.
Bahkan disepanjang rute yang dilalui peserta reli, masyarakat sangat antusias memberikan sambutan serta menyaksikan para pereli dari berbagai daerah bertarung sambal menikmati obyek-obyek wisata di
Kabupaten Jembrana.

Baca Juga :
KPK Tetapkan Bambang Soeharto Sebagai Tersangka

” Sangat berbangga karena pereli-pereli lokal Bali khususnya Jembrana walaupun belum menembus 10 besar di kejuaraan umum nasional, tetapi berhasil mendominasi raihan kemenangan di kategori non seeded nasional dan kategori pemula lokal,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh jawara seri kedua ini, Suryo Putranto yang sekaligus sebagai Ketua Komisi Time Rally IMI Pusat yang memberikan apresiasi sekaligus pujian karena kejurnas di jembrana ini mampu menembus jumlah fantastis yatitu 75 peserta dimana 57 diantaranya adalah peserta kejurnas.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya juga menyatakan berterima kasih atas keterlibatan pereli-pereli dari berbagai daerah dalam kejurnas wisata rally di Kabupaten Jembrana ini. Bahkan melihat antusiasme peserta dari berbagai daerah yang sedemikian besar.

Bupati asal Desa Kaliakah ini berharap tahun depan Kabupaten jembrana bisa dipercaya kembali menjadi tuan rumah di salah satu seri kejurnas.
” Saya rasa Jembrana sangat layak menjadi tuan rumah kembali mengingat Kabupaten Jembrana ini memiliki banyak sekali
potensi wisata yang dapat dinikmati wisatawan.
Selain itu karena Jembrana juga sangat mendukung pusat wisata otomotif, mengingat alamnya yang mendukung untuk perhelatan diberbagai jenis kejuaraan otomotif ,” ucapnya.

Bupati Tamba juga berencana akan memberangkatkan Ipat yang merupakan dan pereli andalan Jembrana dan Bali pada kejurnas seri ketiga di Kalimantan Timur. (Humas Pemkab Jembrana)

Editor : Sutiawan