Supervisi Barhakam Mabes Polri Pantau Simulasi Tahapan Pilpres Di Polres Klungkung

Klungkung ( Metrobali.com )-

Dari 8 Polres yang ada di Provinsi Bali, Polres Klungkung satu satunya mendapat kunjung Supervisi Baharkam Mabes Polri terkait persiapan menyambut pesta demokrasi yaitu Pilpres. Kunjungan rombongan Supervisi Baharkam dari Mabes Polri pada Selasa ( 13/5 ) tersebut untuk menyaksikan langsung Simulasi pengendalian Massa dalam rangka persiapan pengamanan pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.  Dalam simulasi itu melibatkan pasukan Sabara Polres Klungkung dan pendukung lainya. Kegiatan simulasi ini disaksikan 10 orang tim Supervisi dari Mabes Polri Jakarta dibawah Ketua Tim Supervisi Baharkam Mabes Polri Kombes Pol Budi Suparwoto.

Dalam simulasi tersebut diawali dari proses pendistribusian logistik Pemilu dari KPU ke PPK Kecamatan. Dari PPK ke masing-masing PPS ( desa ) dan dari PPS kemasing-masing TPS . Selanjutnya peragaan pencoblosan dan perhitungan suara hingga adanya protes karena tidak puas dengan perhitungan suara yang berujung pada unjuk rasa. Kemudian tim Dalmas awal Polres Klungkung melakukan penaggulangan unjuk rasa, dilanjutkan peran tim Negosiator, proses Lampis ganti dari Dalmas awal kepada Dalmas lanjutan. Terakhir diperagakan penanganan demo anarkis oleh dalmas lanjutan. Dalam simulasi tersebut sempat terjadi adu dorong antara Dalmas dan masa. Anggota Reskrim melakukan penangkapan terhadap provokator dan pelakukan anarkis. Akhirnya masa berhasil di bubarkan setelah terlebih dulu kekuatanya di pecah dan sempat pula dalam membubarkan massa salah satu anggota Dalmas yang membawa senjata diisi peluru Gas sebanyak dua butir yang ditembakan ke udara.   

Sementara itu melihat secara langsung Simulasi tersebut Ketua Tim Supervisi Baharkam Mabes Polri Suparwoto mengatakan rangkaian simulasi yang diperagakan sudah baik namun perlu diperhatikan hal hal tentang aplikasi Pilprespon terjadinya awal dari pada akan meningkatnya kerusuhan seperti tadi adanya protes. Dia berpesan agar Anggota Intel dan Babin jajaran Polres Klungkung selalu bekerjasama dalam memberikan informasi serta meningkatkan giat patroli kedesa –desa setiap waktu, guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, giat patroli tidak hanya milik sabahara, namun seluruh fungsi, guna meminimalisir kejadian yang dapat mengganggu kamtibmas, menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Sementara dipilihnya klungkung dari delapan kabupaten yang ada untuk didatangi terkait persiapan pengaman Pilpres karena seluruh fungsi ada di klungkung seperti fungsi Sabhara, Bimas, Opit, satwal dan Pol Air. “ ya dikabupaten lain memang ada fungsi fungsi tersebut namun tidak selengkap klungkung, “ ujar Suparwoto yang didampingi Kapolres Klungkung AKBP Ni Wayan Sri Yudatni Wirawati, Sik.

Sementara itu menurut Kapolres Klungkung yang paling rawan adalah saat droping logistic Pilpres khususnya daerah kepulauan di Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan memiliki tantangan tersendiri. Begitu juga pergeseran logistic hasil Pilpres dari Nusa Penida juga cukup rawan, namun demikian ini sudah dilakukan antisipasi. Kapolres juga mengatakan tidak kemungkina akan datang Capres melihat hasil pelig di klungkung yang menang partai Grindra yang tentunya Capres Prabowo akan datang melakukan kampanye terbuka ke klungkung dan pihaknya sudah melakukan persiapan khusus. SUS-MB

Baca Juga :
Menlu RI dorong diversifikasi produk vaksin ke negara berkembang