Tabanan, (Metrobali.com)

 Dalam upaya mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas-Gotong Royong, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, yang juga selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan, bersama para pengurus dan anggota DPC serta para Kader, menyerahkan 2.000 bibit Ikan Nila kepada Kelompok Budidaya Ikan, Kamis, (27/1).

Saat itu, Bupati didampingi oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekda dan OPD terkait, menyerahkan langsung bibit Ikan Nila kepada Kelompok budidaya Ikan Mina Asri Br. Subamia Bale Agung, Desa Subamia, Tabanan. Nampak juga saat itu beberapa anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Perbekel dan tokoh masyarakat setempat.

Kelompok budidaya ikan yang berdiri pada tanggal 3 Desember 2018 silam di tanah seluas 4 Are dengan 7 petak kolam tersebut, beranggotakan 20 orang yang mayoritas merupakan pemuda setempat. Tujuan awal dibentuknya adalah sebagai sarana untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mampu memberikan kesejahteraan bagi keluarga yang digarap secara bergotong-royong.

Bupati Sanjaya selaku Kepala Daerah sangat mendukung langkah mulia yang ditunjukan oleh Kelompok budidaya Ikan ini. Apalagi mengedepankan pemuda setempat untuk mengelola dan membesarkan kelompok. “Jadi, harapan kita serta merta bukan hanya gagah-gagahan dalam mencari keuntungan, tetapi terkait bagaimana kita mencintai alam dan lingkungan sedari dini,” ujar Sanjaya.

Disamping itu, Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat sesuai dengan visi misi Kabupaten Tabanan yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Ia berharap kelompok ini bisa tetap dipertahankan guna menunjang ketahanan pangan di Tabanan.

“Saya memiliki komitmen bagaimana membangun Tabanan berbasis Desa dengan melihat segala potensi yang ada di Desa. Inilah salah potensi di Desa yang harus dikembangkan di Desa Subamia. Kalau dikelola dengan baik, budidaya ikan ini akan mampu memberikan nilai ekonomis yang tinggi,” imbuh Sanjaya.

Baca Juga :
Polri sebut 20 video terkait Muhammad Kece sudah di-"takedown"

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok I Ketut Sandi Adnyana mengatakan, Kelompok Budidaya Ikan Mina Asri berdiri pada 3 Desember 2018 silam dengan memanfaatkan lahan seluas 4 Are di Br. Subamia Bale Agung, Desa Subamia. Ia beranggapan kedepannya, bahwa bisnis perikanan akan kembali menggeliat dan memberikan nilai ekonomis yang tinggi.

Ia mengucapkan terimakasih atas perhatian memberikan bantuan 2.000 bibit ikan Nila. Ia mengaku akan memanfaatkannya dengan baik dan sebear-besarnya untuk kesejahteraaan masyarakat terutama anggota kelompok. Ia juga berharap, kelompok Ikannya mampu memberikan sumbangsih bagi ketahanan pangan di Tabanan. (RED-MB)