Mangupura (Metrobali.com)-

Kebersamaan dalam pelaksanaan tugas  antara Perbekel/Lurah dan Camat dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Badung sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan  program-program  yang bertujuan membantu kehidupan masyarakat, agar mampu meningkatkan harkat ,martabat dan kesejahteraan masyarakat Badung. Demikian disampaikan Plh.Bupati Badung I Ketut Sudikerta saat acara tatap muka dengan Perbekel/Lurah se-Kabupaten Badung, Minggu (30/9) bertempat di Warung Mina Dalung.  Hadir pula anggota DPRD Badung I Wayan Puspa Negara, Kepala BPMD Badung Putu Gde Sridana, Camat se Kabupaten Badung, Ketua Forum Perbekel/Lurah Se-Badung  I Nyoman Mesir serta para Perbekel/Lurah yang ada di Kabupaten Badung.

Ditambahkan Sudikerta bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para Perbekel/Lurah di Badung diantaranya dalam kaitan pelaksanaan dan pemanfaatan anggaran, situasi di lingkungan desa/kelurahan serta  situasional kamtibmas. Dalam pelaksanaan anggaran yang mempunyai tujuan untuk melaksanakan pembangunan di wilahnya masing-masing seperti pembangunan infrastruktur, diharapkan dalam pelaksanaannya harus ada sinergisitas antara pemerintahan desa ataupun masyarakat untuk menyingkapi pelaksanaannya. Disamping itu pula diharapkan agar masyarakat dan pihak desa/kelurahan perlu memberikan pemahaman agar masyarakat sadar bahwa pola pembangunan bukan saja merupakan tanggungjawab pemerintah tetapi juga merupakan tanggungjawab masyarakat.

Hal tersebut dimaksudkan agar ada pola pemeliharaan bersama. Disamping itu masalah situasi dan kondisi lingkungan serta situasional kantibmas di masing-masing wilayah agar mampu ditingkatkan dengan cara mengambil langkah-langkah antisipasi demi keamanan di masing-masing wilayah, salah satunya dengan  mengadakan pendataan terhadap penduduk pendatang yang tidak mempunyai identitas dan tujuan yang jelas.

Lanjut disampaikan masalah pemanfaatan anggaran di masing-masing wilayah agar mampu dipergunakan secara baik serta selalu berpatokan dengan pedoman dan aturan yang ada sehingga dalam pelaksanaan  nantinya dapat dipertanggungjawabkan. “Jika penggunaan APBD yang ada di desa tepat sasaran dan menghasilkan pertanggungjawaban yang excellence maka pemerintah  berjanji untuk meningkatkan anggaran desa/kelurahan”pungkas Sudikerta.

Baca Juga :
Disduk Capil Denpasar Evaluasi Kependudukan Tingkat Desa

Disisi lain I Nyoman Mesir selaku Ketua Forum Perbekel/Lurah menjelaskan bahwa acara tatap muka ini merupakan agenda rutin yang mempunyai tujuan untuk membahas tugas-tugas dikelurahan ataupun didesa, serta bagaimana cara pengelolaan dana yang didapat  dari pemerintah, disamping untuk menyatukan persepsi, persamaan dalam pelaksanaan tugas di desa/kelurahan masing-masing. IKA-MB