Jembrana (Metrobali.com)-

Warga Subak dan Subak Abian se-Kecamatan Melaya, Rabu (1/1) menggelar Upacara Nangluk Merana. Upacara yang mengambil lokasi di tempat Melasti Pantai Candikusuma Kecamatan Melaya ini bertepatan dengan Rahinan Tilem keenem. Hadir pada upacara tersebut Bupati Jembrana I Putu Artha, perbekel dan bendesa se-Kecamatan Melaya.

 Ketua panitia, Made Waris Ardana mengatakan upacara ini sebagai wujud syukur atau terimakasih kepada Tuhan Sang Pencipta atas rahma dan rezeki yang telah dilimpahkan kepada petani dan dan warga subak abian.

 Menurutnya upacara Nanggluk Merana ini sudah digelar secara turun temurun sesuai dengan isi Purana Bali Dwipa. Melalui upacara tersebut pihaknya juga berharap agar dijauhkan dari marabahaya dan wabah penyakit yang bisa mengganggu hasil pertanian dan perkebunan. 

 Upacara mengambil tingkatan Bebangkit dan Caru Rsi Gana dipuput oleh Ida Pedanda Gede dari Griya Mambal. Selain menggelar Upacara Nangluk Merana, warga Subak dan Subak Abian juga menggelar Upacara Mulang Pekelem berupa dua ekor itik selem ketengah-tengah laut. MT-MB

Baca Juga :
Polisi Ukraina Temukan 42 kG Emas Di Rumah Mantan Menteri Energi