Keterangan foto: himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer (HIMA PRODI SK) STIKI Indonesia (STMIK STIKOM Indonesia) (24/05), menyelengarakan kegiatan Seminar yang bertajuk Revolusi Industri 4.0 dan Internet Of Thinks/MB

Denpasar, (Metrobali.com) –

Menyikapi perkembangan teknologi dunia khususnya dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer (HIMA PRODI SK) STIKI Indonesia (STMIK STIKOM Indonesia) tadi pagi (24/05), menyelengarakan kegiatan Seminar yang bertajuk Revolusi Industri 4.0 dan Internet Of Thinks yang bertempat di Auditorium kampus setempat. Dalam acara seminar yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut menghadirkan ahli dalam bidang Robotik yaitu I Wayan Dani Pranata, S.T.,M.Sc sebagai narasumber. Hal penting yang dapat disimpulkan dari paparan narasumber pada acara tersebut adalah pentingnya kesiapan sumber daya manusia untuk dapat menyikapi pola baru ketika disruptive technology hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan incumbent. Sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri telah banyak menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa.

Disamping kegiatan seminar tersebut, diselenggarakan juga serangkaian acara lain seperti Olimpiade Jaringan Komputer untuk siswa SMA/SMK se-Bali, Packet Tracer Challenge dan Lomba Line Follower untuk Mahasiswa. Menurut Kepala Program Studi Sistem Komputer STIKI Indonesia, I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom menyatakan bahwa kegiatan Seminar dan Lomba-lomba tersebut dikemas dalam satu acara yang disebut ROBONEC (Robot and Network Competition) itu merupakan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh STIKI Indonesia, ke depan acara ROBONEC akan dijadikan agenda rutin bagi Program Studi melalui Himaprodi sebagai eksekutornya. “Sebagai institusi perguruan tinggi yang berbasis Teknologi Informasi, kami harus mampu menyikapi perkembangan Revolusi Industri 4.0 ini, untuk itu Acara ROBONEC kali ini kita arahkan dalam upaya memberikan edukasi dan wawasan tentang apa itu revolusi industri 4.0 dan bagaimana kita menyikapinya”, Jelasnya.

Baca Juga :
Pemprov Kerja Sama Dengan Pelaku Usaha untuk Vaksinasi Pekerja Pariwisata

Sementara itu, Ketua Panitia ROBONEC STIKI Indonesia I Putu Agus Ekadana mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ROBONEC ini akan ditutup pada hari Minggu (27/5) nanti dengan sebuah acara Dimensi Anak Seni Sistem Komputer (DISASTER) dalam bentuk konser musik yang bertempat di Panggung Terbuka TVRI Bali. “Kegiatan ROBONEC akan kami tutup dengan acara DISASTER. Sengaja kami kemas acara penutupan itu dengan menyajikan hiburan musik agar dinamis antara Teknologi dan Seni” Imbuhnya.

Editor: Hana Sutiawati