SMPN 1 Mengwi dan SD Fajar Harapan dinilai Tim Penilai PKTP Provinsi, Selasa (24/9) di SMPN 1 Mengwi.

Mangupura, (Metrobali.com)

SMPN 1 Mengwi dan SD Fajar Harapan menjadi duta Kabupaten Badung mengikuti lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Peripurna (PKTP) Provinsi Bali tahun 2019. Kedua duta Badung ini dinilai Tim Penilai PKTP Provinsi, Selasa (24/9) di SMPN 1 Mengwi.

Kedatangan Tim Provinsi yang dipimpin Wakil Ketua 2 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bali (Koordinator), Tjokorda Gede Dharmayuda disambut Bupati Badung dalam kesempatan ini diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung IB Yoga Segara.

Dan didampingi Anggota DPRD Badung I Made Suwardana, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) pengurus cabang Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Kadis Kesehatan Kabupaten Badung dr. Gede Putra Suteja, Sekretaris (YKI) Cabang Badung Ny. Nesia Yoga Segara, Wakil Ketua II TP PKK Ny. Rasniathi Adi Arnawa, Ketua WHDI Isyudani Widia Astika, Camat mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Kepala Sekolah SMP I Mengwi I Nyoman Wertha, Kepala Sekolah SD Fajar Harapan Ni Made Sriani.

Mengawali sambutannya Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) pengurus cabang Badung Ny. Seniasih Giri Prasta menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna.

Melalui lomba ini pihaknya mengharapkan dapat dijadikan media untuk menyebarluaskan informasi tentang pencegahan dan penanggulangan kanker sejak dini.

“Di Kabupaten Badung kami telah melakukan upaya pencegahan dengan melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan diseluruh Desa, SD, SMP dan SMA dengan pemberian vaksinasi kepada siswa dan guru, deteksi kanker melalui pemeriksaan IVA test dan PAP Smear.

Selain di klinik YKI, pemeriksaan juga melibatkan 1 unit mobil pelayanan PAP Smear dan 2 unit mobil MAWAS (Mangupura Women Service) yang terjun langsung ke masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :
Pemprov dan DPRD Bali Beri Dukungan pada Mahania : Wakil Bali di Ajang Liga Dangdut

Lebih lanjut pihaknya mengucapkan terimakasih dan perhargaan kepada SMPN 1 Mengwi dan SD Fajar Harapan sebagai duta terbaik Kabupaten Badung karena sudah menyiapkan segala sesuatunya sehingga acara penilaian lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali berjalan dengan baik.

Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung IB Yoga Segara menyampaikan apresiasi serta dukungan atas terlaksananya kegiatan ini

Sehingga masyarakat Kabupaten Badung khususnya siswa peserta didik dapat sejak dini mengetahui tetang bahaya kanker serta cara pencegahan dan penanggulangannya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Pemerintah Kabupaten Badung sejak tahun 2012 telah mengalokasikan anggaran untuk pencegahan kanker serviks kepada seluruh siswi kelas X SMAN dan SMKN se-Badung serta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, dilanjutkan kepada siswi kelas VII SMP Negeri dan Swasta serta siswi SD kelas V dan VI baik Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Badung.

Wakil Ketua 2 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bali (Koordinator), Dr. Tjokorda Gede Dharmayuda, Sp. PD dalam sambutannya mengatakan, PKTP mulai menyasar sekolah baik SD, SMP, SMA dengan harapan pengetahuan tentang perjalanan penyakit kanker secara dini dapat dimengerti dan diketahui anak-anak,

Sehingga perilaku dan pola hidup bersih dan sehat dapat meningkat, baik di kalangan siswa, pengelola kantin dan guru sekolah.

“Pelaksanaan kegiatan lomba PKTP ini sebagai upaya untuk mengentaskan penyakit kanker di Bali, dimana beragam upaya dilaksanakan termasuk upaya pencegahan sejak dini yang dapat dilakukan dari sekolah,” ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit kanker dan bagaimana cara-cara pencegahan yang dapat dilakukan sejak dini. “Kami berharap dari lomba ini mampu menjadi wahana sosialisasi dan edukasi tentang pola hidup sehat, serta upaya preventif dalam mencegah penyakit kanker.

Baca Juga :
Pasca Bom Makasar, Pol PP Bali Perketat Pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk

Pemahaman tentang kanker di masyarakat harus ditingkatkan, sehingga harapan Pulau Bali bebas dari kanker dapat terwujud dan menjadi provinsi terendah terkena penyakit kanker,” harapnya.

Adapun materi yang dinilai dalam perlombaan PKTP tahun ini meliputi: kegiatan administrasi dan organisasi, kegiatan penanggulangan kanker, penyuluhan, kebersihan lingkungan sekolah, simulasi serta hasil yang dicapai.

Diakhir acara dilakukan penyerahan Monografi PKTP SD Fajar Harapan, Monografi PKTP SMPN 1 Mengwi dan Monografi Kabupaten Badung kepada Tim Penilai PKTP Provinsi Bali. Sumber : Humas Pemkab Badung