SMAN 1 Dawan Dinilai Propinsi

Klungkung (Metrobali.com)-

Setelah sebelumnya SMA N 1 Dawan mewakili lomba Wawasan Wiyata Mandala di tingkat provinsi. Untuk kali ini SMA N 1 Dawan kembali mewakili Kabupaten Klungkung mengikuti lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat provinsi yang penilaiannya dilakukan kemarin, Kamis(30/10). Dalam penilaian yang dilakukan di sekolah SMA N 1 itu sendiri, dihadiri oleh Bupati Suwirta, kadis kesehatan Gusti Ngurah Agung Swastika, ketua tim penilai provinsi dr.Gd Wira Sunetra, beserta unsur Muspika dawan. Dalam laporan kepala sekolah I made Mardika, M.Pd menjelaskan, sekolah yang bersih, sehat, aman, dan nyaman tentu merupakan idaman setiap orang baik itu siswa, guru maupun orang tua siswa. Namun bukan berarti kami bersih-bersih pada saat lomba saja, dengan lomba ini diharapakan semua siswa memiliki kesadaran tentang penting hidup bersih. Berpijak dari keinginan itulah maka kami memandang lomba ini sangat penting dan sangat berperan guna menaikkan kualitas siswa-siswi kami di SMA N 1 Dawan.

Sementara itu ketua tim penilai dr. Gd Wira Sunetra menyatakan kegiatan lomba ini merupakan sarana pembinaan, pengembangan dan evaluasi pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah serta dapat memberikan motivasi bagi setiap sekolah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas anak didik. Seiring kompleksitasnya persoalan yang dialami anak didik di sekolah dan para remaja lainnya seperti kebiasaan merokok, perilaku penyalahgunaan narkoba, seks pranikah, dan tindak kriminalitas sangat membutuhkan perhatian kita dalam penanganannya. Melalui lomba ini semoga bisa melaksanakan Trias UKS dengan baik yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat dicapai prestasi optimal.

Bupati Suwirta dalam sambutannya, kesehatan adalah kebutuhan dasar yang harus dimiliki olah setiap orang.  Karena dengan berprilaku hidup sehat yang khususnya di sekolah-sekolah dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga potensi-potensi siswa dapat digali maksimal sehingga mendapatkan prestasi yang maksimal pula. Mungkin juara bukan tujuan dari lomba ini, Untuk itu jadikanlah lomba UKS sebagai sarana untuk menyadarkan kita betapa pentingnya pola hidup bersih dan sehat. SUS-MB

Baca Juga :
APBNP 2015 Refleksi Ujian Ekonomi Indonesia