Foto: Anggota DPRD Kota Denpasar dari PSI Emiliana Sri Wahjuni mendukung penuh aksi kemanusiaan donor darah yang digelar Rock Center Lembah Pujian, Denpasar pada Minggu 11 September 2022.

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota DPRD Kota Denpasar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Emiliana Sri Wahjuni tidak pernah berhanti menjadi berkat bagi sesame dengan melancarkan berbagai bentuk aksi kemanusian.

Wakil rakyat yang akrab disapa Sis Emil terus gencar mendukung penuh aksi kemanusiaan donor darah untuk menyelamatkan sesama dan membantu Palang Merah Indonesia (PMI) menjaga stok darah di masa pandemi.

Komitmen dan aksi nyata itu kembali ditunjukkan wakil rakyat yang dikenal bersahaja dan selalu siap siaga membantu warga ini dengan mendukung penuh aksi kemanusiaan donor darah yang digelar Gereja Rock Center Lembah Pujian, Denpasar pada Minggu 11 September 2022. Dukungan terhadap donor darah ini juga menjadi bagian komitmen Sis Emil untuk ngayah mengabdikan dirinya untuk masyarakat, melayani masyarakat sepenuh hati.

“Kegiatan donor darah ini sangat mulia untuk membantu sesama yang membutuhkan darah. Jadi saya dukung penuh,” kata Sis Emil didampingi Yulia Dewi selaku Koordinator Rock Medical Ministry Lembah Pujian.

Aksi kemanusiaan donor darah ini merupakan progam rutin dua bulanan dari Rock Center Lembah Pujian melalui Medical Ministry Lembah Pujian dan kali ini juga tetap disambut antusias para jemaat. Sis Emil mendukung aksi donor darah ini juga sebagai wujud support kepada PMI menyambut Bulan Dana PMI dan HUT ke-77 PMI.

“Saat warga membutuhkan warga darah yang dicari salah satunya Angota Dewan. Dan Saya siap mendukung untuk membuat warga Denpasar dan Bali secara umum agar dipenuhi kebutuhan darahnya,” ungkap Sis Emil yang juga Sekretaris Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar ini.

Baca Juga :
Buka Rapat Kerja Tingkat Provinsi IMI, Wagub Bali Harapkan Kreativitas dan Soliditas Membangun Pariwisata Berkelanjutan

Sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para pendonor, Sis Emil memberikan tali kasih berupa beras kepada jemaat peserta donor darah ini. Ada juga sejumlah doorprize yang dibagikan kepada tiap peserta donor darah berkat dukungan berbagai pihak.

Sis Emil menambahkan donor darah tidak hanya aksi mulia sebagai bentuk berbagi saling menolong sesama namun juga sangat baik untuk kesehatan dan perlu rutin dilakukan. “Kita bersyukur dan berterima kasih kepada tim yang menyediakan waktu dan tempat untuk saling berbagi melalui donor darah,” imbuh ibu dari dua orang putri ini.

Wakil rakyat yang punya Rumah Kreatif Emiliaha Sri Wahjuni di Kerta Dalem Mansion, Desa Sidakarya untuk memberdayakan warga ini mengaku akan terus mendukung aksi sosial kemanusian donor darah di Kota Denpasar termasuk khususnya di Lembah Pujian ini.

“Sesama jemaat saya wajib hukumnya mendukung kegiatan di gereja dan dukungan saya akan berkelanjutan karena ini menjadi bagian melayani masyarakat, menjadi berkat bagi masyarakat sekitar, jadi wajib berkelanjutan. Apalagi kebutuhan darah itu terus menerus. Jadi donor darah ini bagian dari pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar yang membidangi kesehatan, pendidikan, pemuda dan olahraga, pemberdayaan perempuan, sosial dan tenaga kerja, kebersihan dan pertamanan, pariwisata dan lain-lain ini.

Yulia Dewi selaku Koordinator Rock Medical Ministry Lembah Pujian mengapresiasi dukungan Sis Emil dalam program donor darah ini. Sis Emil didoakan agar sehat selalu dan tetap menjadi wakil rakyat yang amanah serta selalu menjadi berkat bagi sesama.

Yulia Dewi menerangkan pihaknya di Lembah Pujian memang punya program khusus di bidang pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan darah, donor darah hingga pemeriksaaan kesehatan lainnya bahkan dilakukan hingga sampai ke desa-desa seluruh Bali.

Baca Juga :
Gubernur Koster Minta Para Pegawai Pemerintah Pusat Daerah dan Perbankan Berempati Bantu UMKM Tenun Endek Bali

“Semua para dokter dan tim medis yang berjemaat di Rock Lembah Pujian kita ada komunitas dan memberikan pelayanan kepada masyakat. Setiap minggu ada pelayanan pemeriksaaan kesehatan gratis, seperti hari ini ada pemeriksaan darah gratis dan donor darah,” ujarnya.

Yulia mengungkapkan selama ini Lembah Pujian memang rutin menggelar donor darah bahkan sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.  “Donor darah sudah kita lakukan selama puluhan tahun di gereja ini dan itu regular, rutin. Kita menyumbangkan darah 2.000 lebih kantong darah setiap tahunnya. Kita ada 9 cabang dan di setiap cabang ada tim masing-masing yang melakukan donor darah ini secara reguler. Kita membantu mensupport PMI. Kebetulan di Lembah Pujian kita adakan 2 bulan sekali dan di tempat lain 2,5 bulan sekali. Masing- masing tempat akan koordinasi langsung di bawah departemen rock medical ministry pusat,” paparnya.

Pihaknya lantas menekankan betapa pentingnya donor darah untuk membantu sesama, menyelamatkan nyawa sesama juga untuk menjaga kesehatan diri.”Mungkin saat ini kita tidak butuh darah tetapi di waktu-waktu kadang seseorang membutukan darah 18-20 kantong darah dan sangat sulit mencarinya. Kami berpengalaman beberapa tahun mencarikan darah untuk seluruh jemaat Rock, sampai malam-malam, di PMI tidak ada, jadi kita kontak para pendonor untuk mendonorkan darahnya,” terangnya. (wid)