Denpasar, (Metrobali.com)
Bank Indonesia  (BI) kini tengah gencar menyuarakan Gerakan Nasional (Gernas) Penanganan Inflasi Pangan (PIP). Gerakan ini nantinya diharapkan secara masif akan menyentuh segala lapisan masyarakat. Salah satu upayanya adalah dalam bentuk sinergitas Gernas PIP yang akan merangkul TP PKK Kota Denpasar. Menurut rencana, sinergitas ini akan diwujudkan dalam bentuk penyerahan lebih dari 8000 bibit cabe dari BI kepada TP PKK Kota Denpasar, dimana gerakan ini juga bisa dijadikan sebagai penguatan pangan keluarga.
Hal ini dibahas dalam audensi antara BI dengan TP PKK Kota Denpasar pada Senin (15/8), di Gedung Wanita Santi Graha Denpasar.
Hadir saat audensi itu, Istri Wakil Walikota Denpasar yang juga Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa,  Ketua Koordinaator Bidang IV TP PKK Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widyani Wiradana, dan Sekertaris TP PKK Kota Denpasar Nyoman Sri Utari.
Sementara dari pihak BI hadir dalam kesempatan itu Deputi Kepala Perwakilan BI Propinsi Bali Gusti Agung Diah Utari, Deputi Direktur Propinsi Bali Donny H. Heatubun dan Asisten Analis Kantor Perwakilan Propinsi Bali Putu Juana Wiraatmaja.
Menurut Deputi Kepala Perwakilan BI Propinsi Bali Gusti Agung Diah Utari, Gernas PIP ini diluncurkan oleh BI pada 10 Agustus 2022.
“Salah satu bentuk mendukung Gernas PIP ini adalah kami ingin bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama sama menggiatkan gerakan ini, tidak terkecuali di level masyakarat terkecil yakni keluarga. Maka kami yakini dengan menggandeng TP PKK, semua elemen masyarakat dapat tersentuh dengan Gernas PIP ini,” tutur Diah Utari.
Diah Utari menambahkan, kegiatan pemberian bibit cabe ini nantinya akan menyasar 9 kabupaten / kota di Bali.
“Selain Kota Denpasar, kami akan juga akan bersinergi dengan kabupaten lainnya di Bali, sehingga Gernas PIP melalui ketahanan pangan akan tercapai,” imbuhnya.
Sementara Istri Wakil Walikota sekaligus Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menyambut baik rencana sinergitas dalam bentuk pemberian bibit cabe itu.
“Cabe adalah salah satu komoditi pangan yang harganya sering mengalami kenaikan. Maka dengan rencana pemberian bibit cabe ini tentunya akan menjadi salah satu langkah nyata dalam hal ketahanan pangan bagi masyarakat,” ujar Ny. Ayu Kristi
Ketua Koordinaator Bidang IV TP PKK Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana menambahkan pihak TP PKK Kota Denpasar akan mendukung kegiatan ini karena di dalam program kerja PKK ada poin berkaitan dengan ketahanan pangan baik keluarga maupun masyarakat.
“Nantinya bibit cabe ini akan kami distribusikan kepada lokus yang ada di 4 kecamatan di Denpasar agar langkah ketahanan pangan bisa merata di seluruh TP PKK di Kota Denpasar,” ungkap Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana. (RED-MB)
Baca Juga :
Kominfo Ajak Warganet Bicara Baik Di Bulan Ramadhan