Sinergi KPRK, PIM dan Rotary Club Bali Bersinar Hadirkan House of UMKM Bali Bersinar di Hotel Puri Dalem Denpasar, Jadi Rumah Bersama UMKM Go Digital dan Go Internasional

single-image

Foto: House of UMKM Bali Bersinar siap diluncurkan di Hotel Puri Dalem Denpasar, Jumat (14/1/2022).

Denpasar (Metrobali.com)-

Mengawali tahun 2022, Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) bersinergi dengan Perempuan Indonesia Maju (PIM) Provinsi Bali dan Rotary Club Bali Bersinar menghadirkan gebrakan untuk semakin menggeliatkan perekonomian UMKM Bali dengan meluncurkan House of UMKM Bali Bersinar di Hotel Puri Dalem Denpasar, Jumat (14/1/2022).

Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan prosesi pelantikan Rotary Club Bali Bersinar. Acara juga dimeriahkan berbagai acara menarik seperti lelang gambar, fashion show dan lelang produk UMKM. Di hari kedua pada Sabtu (15/1/2022) acara berlanjut dengan Zumba party, show game, lomba fashion show anak-anak, hiburan music dari Bina Vokalia Bali dan lainnya.

Ketua Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) Dr. A.A.A. Ngurah Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H.,mengatakan kehadiran House of UMKM Bali Bersinar ibarat menjadi puncak dari berbagai kegiatan yang dilakukan selama 2 tahun di masa pandemi ini dalam membuat UMKM bangkit bersama-sama dengan spirit sinergi dan kolaborasi “pang pade payu”.

Hal ini berlandaskan filosofi kearifan lokal Catur Purusa Artha atau empat tujuan hidup menurut Umat Hindu yakni Dharma, Artha, Kama, dan Moksa. Muaranya sejahtera dunia dan akhirat.

Hal itu juga yang menjadi dasar juga dalam perjuangan hadirnya Rotary Club Bali Bersinar dimana Tini Gorda dipercaya sebagai Presiden Rotary Club Bali Bersinar untuk menggerakkan dan memimpin organisasi non profit di bidang kemanusiaan ini menjalankan misi mulianya membantu masyarakat Bali.

“Rotary Club Bali Bersinar menjadi tujuan utama kami dalam menggerakkan ekonomi dengan 7 fokus kegiatan yang sudah kami lakukan. Tapi sekarang lebih mengkerucut ada berbagai kegiatan berbagi yang berkelanjutan dan kami kombinasikan dengan program menggeliatkan perekonomian dan membangkitkan pariwisata Bali,” papar Tini Gorda yang juga Ketua Perempuan Indonesia Maju (PIM) Provinsi Bali.

Baca Juga :
Jokowi Tinjau PLTDG 200 MW di Denpasar

Kembali disinggung soal kehadiran House of UMKM Bali Bersinar, Tini Gorda mengungkapkan inisiasi ini akan menjadi semacam rumah bersama UMKM untuk melakukan berbagai kegiatan mulai dari pameran bersama, peningkatan kapasitas dan kualitas UMKM dengan berbagai pelatihan, workshop, sharing session dan lainnya.

“UMKM harus punya base camp untuk berkegiatan bersama. Jadi House of UMKM Bali Bersinar di Hotel Puri Dalem ini semacam jadi rumah bersama UMKM binaan dan anggota KPRK dan ini akan berkelanjutan. Kami juga terbuka untuk UMKM lain dengan syarat mereka bergabung ke KPRK dan siap kami bina,” papar Tini Gorda yang juga Ketua DPD IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Provinsi Bali ini.

Muara dari House of UMKM Bali Bersinar tentunya bersama-bersama membawa UMKM Bali semakin maju dan mampu Go Internasional dengan mampu mengekspor produk-produk yang berkualitas dan tentunya mewujudkan UMKM Go Digital dengan meningkatkan jejaring pemasaran digital/online.

Kehadiran House of UMKM Bali Bersinar di Hotel Puri Dalem, Sanur, Denpasar ini juga dalam rangka memberikan dukungan kepada para pelaku pariwisata khususnya pemilik hotel agar usahanya dapat tetap berjalan dengan adanya sinergi dan kolaborasi dengan para pelaku UMKM.

“Jadi dalam situasi pandemi ini para pemilik hotel, akomodasi pariwisata tidak berpikir menjual atau mengkontrakkan asetnya tapi harus dikelola dengan cara kolaborasi,” ujar tokoh perempuan yang juga Ketua Pusat Studi Undiknas (PSU) ini.

Sementara itu pagi ini Jumat (14/1/2022) sebelum acara puncak launching House of UMKM Bali Bersinar ini diawali dengan kegiatan Sosialisasi Kurasi UMKM Go Export dan 99% Usahaku Melalui Digital Jejaring. Kegiatan merupakan kerjasama KPRK, PIM dengan Telkomsel Enterprise, 99% Usahaku dan Net.System.

Baca Juga :
Mahasiswa Fakultas Peternakan Unud Siap Ikuti Program Bertani Untuk Negeri Batch 4, Bantu Dongkrak Kinerja Peternak

Sosialiasi menghadirkan narasumber WKU Bidang Pengembangan Usaha DPP PIM Mesiana Chang, Account Manager SME Bali Nusra Achmad Syafrian, Ni Luh Putu Gunatri owner Net.System. Acara dipandu moderator Anak Agung Mia Intentilia Kepala Pusat Kajian ASEAN dan Internasional Undiknas Denpasar. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.