Gianyar (Metrobali.com) –
Sebagai rangkaian HUT Kota Gianyar ke-242, Pemkab Gianyar mengadakan kunjungan tali kasih ke sejumlah seniman tua (maestro seni) di Gianyar sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap para seniman yang telah mengukir berbagai prestasi di bidangnya.
Kamis (11/4) Bupati Gianyar A.A.G.Agung Bharata, didampingi Kabag Kesra Pemkab. Gianyar, serta beberapa orang dokter serta paramedis mengunjungi rumah seniman I Made Sija di Banjar Bona Kelod, Desa Bona, Blahbatuh Gianyar.
Saat ditemui di rumahnya, Made Sija yang telah berusia sekitar 80 tahun ini dalam kondisi kesehatan yang sangat baik, hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dan paramedis yang mengukur tekanan darah serta kadar gula darahnya. Namun anak-anaknya mengeluhkan nafsu makan Sija yang tidak baik sehingga menimbulkan kekhawatiran hal tersebut dapat mengganggu kesehatannya. Menanggapi hal tersebut Bupati Gianyar, Agung Bharata memerintahkan dokter dan paramedis untuk mencarikan solusi serta memperhatikan kecukupan gizi Sija. Sija sendiri mengatakan bahwa dirinya sudah terbiasa berpuasa.
I Made Sidia, seniman dalang, yang merupakan anak Sija menyampaikan kepada Bupati Gianyar agar pemerintah membentuk suatu wadah bagi seniman-seniman senior sehingga mereka memiliki kegiatan saat memasuki usia pensiun dan sebagai wadah mendidik anak-anak muda agar terhindar dari pergaulan negatif. Menanggapi hal tersebut, Agung Bharata mengatakan akan mengupayakan agar wadah itu terbentuk namun diminta agar Sidia merancangnya. Pada kesempatan tersebut, Agung Bharata menyerahkan bingkisan sebagai salah satu bentuk tali kasih.
I Made Sija adalah seniman tari, tabuh, dan pedalangan yang lahir di Desa Bona Kecamatan Blahbatuh, Gianyar pada tahun 1933. Sebagai seniman  multi talenta, Sija diwarisi darah seni dari orang tuanya. Ibunya Ni Nyoman Gedor adalah seniman kidung dan seorang penari, sementara ayahnya I Wayan Gentur mendorong anak-anaknya untuk berkecimpung di bidang seni. TRA-MB

Baca Juga :
Risma : Susah Menjadi Pemimpin