Mangupura (Metrobali.com)-

Demikian padatnya acara kedinasan yang dilaksanakan Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta yang sekaligus sebagai Pelaksana Harian (PLH) Bupati Badung, tidak menyurutkan semangat Beliau untuk berada ditengah-tengah masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan senantiasa menghadiri kegiatan-kegiatan upacara keagamaan yang dilaksanakan oleh masyarakat Badung. Seperti misalnya, pada Sabtu (29/9) lalu, Plh Bupati Sudikerta memenuhi undangan krama Pura Paibon Mas Siwi Br. Pekandelan, Desa Adat Sading untuk bertatap muka atau simakrama.

Dalam simakrama tersebut, panitia pura Komang Ediyanto didampingi penglingsir pura Ketut Yudi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketut Sudikerta ditengah-tengah masyarakat. Komang Ediyanto juga menyampaikan keberadaan Pura Mas Siwi yang baru selesai diperbaiki. Perbaikan seluruh pelinggih serta bangunan pura ini menghabiskan biaya hingga Rp. 570 juta yang bersumber dari krama pengempon pura yang berjumlah 30 KK, peletan 60 KK dengan 482 jiwa. Selain itu Ediyanto juga menyampaikan bahwa masyarakat sangat mendukung program-program yang telah dijalankan Pemerintah Kabupaten Badung dibawah pimpinan A.A. Gde Agung bersama Ketut Sudikerta.

“Program pemerintah, khususnya di Desa Sading sudah terbukti mampu memenuhi kebutuhan dari masyarakat seperti infrastrutur jalan sudah bagus, penanganan banjir termasuk saluran irigasi dan sekolah SMP Negeri 5 Mengwi juga sudah dibangun di Desa Sading. Kami sampaikan terima kasih dan  dukungan atas program-program Pemkab Badung, kedepannya agar dapat dilaksanakan berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu Sudikerta, juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat karena tanpa adanya dukungan dari masyarakat, program dari pemerintah tidak akan berjalan dan berhasil. Untuk itu diharapkan masyarakat selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta mengedepankan kebersamaan dan menyama braya serta sagilik, saguluk salunglung sabayantaka. Guna memotivasi swadaya krama Sudikerta medana punia sebesar Rp. 20 juta.

Baca Juga :
Hari Ini Jokowi Tiba di Bali

Usai simakrama di Sading, Sudikerta juga menghadiri upacara ngeratep tapakan ratu mas alit di Pura Taman Mesir, Br. Aseman, Desa Abiansemal. Sudikerta bersama Anggota DPRD Badung I Gst. Ngr. Shaskara, Camat Abiansemal I Gst. Ngr Gede Jaya Saputra bersama Tripika Kecamatan melakukan persembahyangan bersama memohon keselamatan dan kelancaran upacara. Sudikerta juga sempat melihat dari dekat tapakan ratu mas alit lan ratu lingsir (berwujud barong landung) yang baru selesai diperbaiki (ngodak).

Plh. Bupati Badung ini menyampaikan dukungan atas semangat krama pengempon pura Taman Mesir yang telah melaksanakan perbaikan sekaligus upacara ngeratep dan melaspas tapakan. Tentunya pelaksanaan upacara ini harus didasari hari suci yang tulus iklas, semoga ida bhatara tapakan selalu memberikan keselamatan dan kesejahteraan kepada krama. Tak lupa, sebagai wujud bhakti, Sudikerta menghaturkan dana punia sebesar Rp. 25 juta, selain itu untuk sekaa gong anak-anak juga dimotivasi sebesar Rp. 10 juta. Dari DPRD Badung juga mepunia Rp. 5 juta yang diterima langsung panitia karya Ketut Sudarya. Dari penyisihan PHR, Plh Bupati Sudikerta akan memberikan bantuan Rp. 100 juta untuk pembangunan tembok penyengker pura. SUT-MB