Ganyar, (Metrobali.com)
Pelaksanaan sidang paripurna dengan agenda penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gianyar tahun anggaran 2019 dilaksanakan melalui telefonfrence oleh unsur pimpinan di ruang sidang DPRD Gianyar, Senin (27/4/2020). Sidang paripurna penyampaian LKPJ Bupati Gianyar  ini dipimpin oleh Ketua DPRD Gianar, I Wayan Tagel Winarta.
Dalam LKPJ Bupati Gianyar tersebut terdiri atas Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang bernilai positif menunjukan pertumbuhan ekonomi Gianyar yang bergerak maju.
Rekomendasi dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Gianyar, I Gusti Ngurah Anom Masta bahwa PDRB Kabupaten Gianyar mengalami kenaikan sebesar 62,66 persen sehingga rata-rata kenaikan PDRB tersebut dari tahun 2014 adalah sebesar 12,53 persen.
Hanya menurut Anom Masta, laju pertumbuhan ekonomi Gianyar mengalami penurunan, di Tahun 2014 sempat 6,09 persen dan di Tahun 2018 menjadi 5,69 persen dan menurun di titik 1,2 persen di Tahun 2019. “Penurunan ini akibat tidak tergarapnya sektor pertanian dan perikanan kelautan, sehingga sektor ini perlu diperkuat apalagi di tengah pandemi covid 19,”  ujarnya.
Kedua, laju pertumbuhan ekonomi, yakni ukuran pertumbuhan ekonomi dari satu periode ke periode lain dengan menggunakan presentase. Sedangkan pada poin ketiga terkait indek pembangunan manusia (IPM). Sebagai pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup.
Sedangkan penyampaian Bupati Gianyar, Made Mahayastra sangat mengapresiasi atas kinerja DPRD . Karena telah mencermati LKPJ tahun anggaran 2019, sehingga akan dapat menciptakan kepemerintahan daerah yang lebih maju. “Saya ucapkan terimakasih kepada DPRD dan komponen masyarakat Gianyar dalam membantu mengawasi pembangunan di Gianyar ini,” pungkasnya. (Ctr)
Baca Juga :
Tak Ingin Presiden Jokowi "Disambut Blackout", PLN UID Bali Kerja Keras Pastikan Kondisi Kelistrikan Aman