Klungkung ( Metrobali.com )
Kartu JKBM yang seharusnya sudah ditrima setahun yang lalu oleh warga  namun di salah satu wilayah kelurahan Semarapura, Kecamatan Klungkung yang ada hingga kini belum disampaikan ke warga setempat.. Dari investigasi di lapangan Rabu ( 3/4 ) ada 6 ( enam ) kelurahan di wilayah Kecamatan Klungkung diantaranya Keluruhan Semarapura Tengah, Kelurahan Semarapura Kangin, kelurahan Semarapura Klod Kangin, kelurahan Semarapura Klod, kelurahan Semarapura Kauh dan Kelurahan Semarapura Kaja.

Dari informasi di kantor Camat Klungkung kartu JKBM sudah diserahkan kemasing masing kelurahan yang ada setahun yang lalu. Di kelurahan Semarapura Tengah menurut lurah I Kadek Ari pembagian kartu JKBM untuk warga semarapura tengah mengambil sendiri kekantornya. Hal itu dilakukan agar kartu diterima langsung dan warga  menanda tangani pada daftar nama yang tercantum. Kaling yang ada diminta menyampaikan kepda kewarga untuk mengambil langsung. Jika diserahkan tugas ke kaling takutnya kartu JKBM tidak sampai ketangan warga yang ber hak. Bukan kartu JKBM saja yang diambil di kantor namun E – KTP juga seperti itu, ujarnya.

” Sekarangpun masih ada warga yang mengambil sendiri ” ungkapnya sambil memeperlihatkan sisa kartu JKBM dan E – KTP yang belum di ambil warga. Diharapkan bagi warga yang belum menghambil baik kartu JKBM maupun E-KTP dipersilahkan datang ke kantor kelurahan, himbaunya.

Sementara di Kelurahan Semarapura Kauh menurut lurah I Komang Sukrata mengatakan terkait kartu JKBM pembagian sudah dilakukan awal bulan Desember 2012 yang diambil oleh kaling masing masing desa, diantaranya kaling Desa Budaga, Sangkanbuana dan Pegending., ujarnya. Untuk kaling Desa Sangkanbuana diserahkan kartu JKBM sebanyak 115 kartu, Desa Pegending 143 kartu JKBM dan Desa Budaga sebanyak 176 kartu JKBM.

Baca Juga :
Pastika Harapkan DPC Peradi Denpasar Tegakkan Supremasi Hukum

Hanya saja ditanyak apakan kartu itu sudah sampai ketangan warga…lurah semarapura kauh tidak bisa menjawab.” Nanti saya akan cek satu persatu kewarga ” ujarnya.

Apa yang terjadi begitu Metrobali investigasi menanyakan kewarga khususnya desa Budaga…ternyata warga disana belum satupun kartu JKBM ditrimanya. ” Wah saya baru tahu kalau kartu JKBM sudah diambil kaling setahun tepatnya awal Desember 2012 yang lalu ” ujar salah satu warga setempat. Dirumah ini ada 6 KK semua belum menerima kartu JKBM, imbuhnya yang tidak mau namanya dimuat di Metrobali. Kalau E-KTP sudah dibagi, kanapa tidak waktu sangkepan pembagian E-KTP langsung diberi kartu JKBM-nya..apa maksud kaling menahan kartu tersebut., tanyaknya heran. Itu kan hak kita sebagai warga Bali mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah Provensi Bali dengan programnya JKBM, imbuh warga yang lainnya.

Sementara dihubungi pia ponselnya terkait kartu JKBM yang belum dibagikan kaling Desa Buda I Komang Sumardika membantah kalau kartu JKBM tidak dibagikan ” sudah dibagikan lama ” ujarnya. Siapa yang bilang belum dibagikan tanyanya. Hanya saja dirinya tidak tahu jumlah kartu yang diambil di Kelurahan Semarapura Kauh setahun yang lalu.

Sementara dikelurahan yang lain semua sudah dibagikan ke warga masing masing yang melalui kaling  desa setempat. Namun ada di wilalayah kelurahan semarapura kaja sama sekali belum menerima kartu JKBM. Yaitu di desa besang tengah. Hal itu di akui lurah semarapura Kaja I Wayan Budarsana. Menurutnya memang kartu JKBM-nya yang belum datang, dan itu sudah juga diusulkan kembali, ujarnya. Meskipun tidak menerima kartu JKBM bila warga dari besang tengah akan menggunakan JKBM tetap dilayani dan mereka berhak mendapatnya, ungkapnya. SUS-MB 

Baca Juga :
Proyek Tetap Jalan Saat Kunjungan Delegasi APEC