Foto: Law Firm Togar Situmorang mengucapkan Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113, 20 Mei 2021. Semangat kerja, semangat bangkit dan semangat berkreasi untuk Indonesia yang lebih baik.

Denpasar (Metrobali.com)-

Setiap tahun pada tanggal 20 Mei, Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Pada Mei tahun ini merupakan peringatan Harkitnas yang 113 tahun dan jatuh pada Kamis (20/5/2021).

Harkitnas ditetapkan oleh Presiden Soekarno sejak 1948. Tanggal 20 Mei dipilih karena bertepatan dengan tanggal berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini mempelopori pergerakan organisasi lainnya baik di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Advokat kondang dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH.,MH.,MAP.,C.Med.,CLa mengungkapkan Harkitnas diselenggarakan sebagai momen untuk masyarakat Indonesia memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal harga diri dan kebanggaan terhadap Tanah Air, serta mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan.

Tanggal 20 Mei, yang terlintas di publik ialah hari dimana adanya hari kebangkitan nasional. Merujuk tahun – tahun sebelumnya,  penyelenggaraan hari dimana Indonesia mulai bangkit dari penjajahan ini biasanya identik dengan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Tetapi, dampak dari pandemi COVID-19 tahun lalu masih belum kunjung usai.

Makna lain Harkitnas di tengah pandemi Covid-19 adalah dorongan percepatan memasuki era digital. Masyarakat diminta memanfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, terutama untuk kemajuan ekonomi khususnya ekonomi digital.

Hindari berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital seperti hoaks dan ujaran kebencian sebab berpotensi merusak semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Momentum pergerakan nasional sejak 1908 telah mendorong perubahan besar dalam melakukan perjuangan. Perubahan tersebut antara lain dari perjuangan yang tidak terorganisir menjadi terorganisir, dari perjuangan tidak terencana menjadi tidak terencana, dan dari perjuangan bersifat kedaerahan menjadi perjuangan bersifat nasional,” ungkap Togar Situmorang, di kantor hukum Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly, Jakarta.

Baca Juga :
Tokoh Bali Berbagai Bidang Berikan Masukan Arah Pembangunan Bali

Advokat yang sering disapa “Panglima Hukum” juga menambahkan pergerakan nasional ini telah mewujudkan perjuangan para pahlawan dalam bentuk kemerdekaan Republik Indonesia yang memiliki kedaulatan. Peringatan kebangkitan nasional menjadi titik awal dalam membangun kesadaran rakyat Indonesia untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional mengingatkan rakyat Indonesia akan semangat untuk bergerak sebagai bangsa tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Semangat kebangkitan nasional dalam jati diri setiap warga negara Indonesia bertujuan agar dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Serta menjaga keutuhan NKRI dari berbagai bentuk ancaman serta memperbaiki kehidupan bangsa yang lebih baik di masa depan.

“Dan kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113, 20 Mei 2021. Semangat kerja, semangat bangkit dan semangat berkreasi untuk Indonesia yang lebih baik,”tutup CEO & Founder Law Firm “TOGAR SITUMORANG“ berkantor pusatnya di Jl. Tukad Citarum No.5 A, Renon, Denpasar Selatan dan Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly,Jakarta serta Jl. Pengalengan Raya No.355, Bandung, Jawa Barat ini. (dan)