Buleleng, (Metrobali.com)

Serangkaian memperingati Bulan Bung Karno IV pada Juni 2022 ini, Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengagendakan sejumlah lomba guna memeriahkan sekaligus menanamkan nilai-nilai semangat perjuangan kepada generasi muda Buleleng.

Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Kamis, (2/6), Pemkab Buleleng menggelar Lomba Mewarnai dan Melengkapi Gambar Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Buleleng dengan menggandeng Hilo School.

Dalam lomba yang bertemakan “Adi Cita Danu Kerti” itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd menyampaikan bahwasannya sejumlah lomba yang diagendakan Pemkab Buleleng dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno IV tahun ini bertujuan untuk menanamkan jiwa pratriotisme dan karakter yang baik pada generasi muda. “Lomba mewarnai tingkat SD hari ini adalah untuk menanamkan sikap sopan santun yang baik kepada anak didik, kuat menghadapi tantangan baik dari dalam maupun luar dan diharapkan memiliki semangat yang tinggi serta penghargaan terhadap kepahlawanan,” ujar Sekda Suyasa.

Selain itu, Sekda Suyasa juga menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni kemarin dapat menjadi momentum bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. “Pancasila menjadi ideologi yang kuat menjaga Indonesia sampai saat ini. Ini yang harus kita tanamkan sekuat mungkin kepada generasi muda kita,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait ketentuan lomba, peserta dibagi menjadi dua kategori yakni kategori a adalah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 3 sebanyak 91 peserta dan kategori b dari kelas 4 sampai kelas 6 sebanyak 73 peserta. Sebagai motivasi dalam perlombaan, pemenang lomba mewarnai dan melengkapi gambar akan diberikan hadiah uang pembinaan, piagam dan sertifikat masing-masing kategori Rp. 350.000,- untuk Juara I, Rp. 300.000- Juara II dan Juara III sebesar Rp. 250.000,. Kemudian kepada pemenang Harapan I, II dan III juga diberikan hadiah uang pembinaan, piagam dan sertifikat masing-masing sebesar Rp. 200.000,-, Rp. 150.000,- dan Rp. 100.000,-. (Agst).

Baca Juga :
Polres Klungkung Gelar Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-71