Buleleng (Metrobali.com)-

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa memberikan Kuliah Praktisi untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha (FHIS Undiksha).

Kuliah Praktisi dalam Mata Kuliah Komunikasi dan Marketing Politik ini diselenggarakan di Aula FHIS Undiksha, Kamis (7/4).

Ditemui usai memberikan materi, Suyasa menjelaskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI telah meminta kepada seluruh universitas untuk menghadirkan praktisi dalam perkuliahan. Ini untuk menyeimbangkan antara teori yang diajarkan dengan pengalaman dan pandangan dari para praktisi. Ada semacam best practice yang disampaikan kepada mahasiswa. “Apa yang dia dapatkan secara teoritis apakah begitu juga kejadiannya di lapangan,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng ini mengatakan dirinya diminta untuk memberikan kuliah praktisi kali ini. Kuliah praktisi dilakukan dengan cara santai namun serius. Pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya baik itu sejak masa kuliah hingga meniti karir sampai puncak dibagikan kepada mahasiswa yang hadir. Pengalaman yang mungkin bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada mahasiswa. “Supaya mahasiswa menyadari bahwa ada situasi yang kadang berbeda dengan teori yang mereka pelajari di kampus,” kata Suyasa.

Suyasa menambahkan para kepala dinas atau badan di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng didorong bersedia untuk menjadi narasumber dalam kuliah praktisi yang digelar di Undiksha. Namun, hal tersebut tergantung dari fakultas yang akan menyelenggarakan kuliah praktisi. Sudah ada beberapa kepala dinas atau badan yang telah diminta menjadi pengajar ataupun narasumber praktisi. “Ada dari Disdikpora dan yang lain. Sesuai kebutuhan di masing-masing fakultas,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Prodi PPKn Undiksha Dewa Bagus Sanjaya mengucapkan terima kasih kepada Sekda Suyasa karena telah bersedia memberikan kuliah praktisi di prodi yang dipimpinnya. Dirinya percaya dengan segala pengalaman yang dimiliki, Sekda Suyasa bisa memberikan wawasan yang lebih dari sekedar teori yang didapatkan di kampus kepada mahasiswa. Kuliah praktisi di prodi PPKn ini diharapkan menjadi role model kuliah praktisi lainnya di prodi yang berbeda. “Ini bisa menjadi role model kuliah praktisi di Undiksha. Karena Rektor melalui Wakil Rektor II sangat detail untuk memeriksa kegiatan khususnya kuliah praktisi ini,” pungkasnya.

Baca Juga :
Gunung Merapi mengalami 83 kali gempa guguran

 

Sumber : Humas Pemkab Buleleng