Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus membuka Batanbuah Festival dirangkaikan dengan Lomba Tari Rangda dan Mekendang Tunggal se-Bali di Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kamis (8/12).

Badung, (Metrobali.com)

Bupati Badung dalam kesempatan ini diwakili Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus membuka Batanbuah Festival dirangkaikan dengan Lomba Tari Rangda dan Mekendang Tunggal se-Bali yang diselenggarakan oleh Sekaa Teruna Windhu Sari, Kamis (8/12) bertempat di Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal Badung. Hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Badung I Putu Alit Yandinata, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa serta unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, Perwakilan Dinas Kebudayaan Badung, Perbekel Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani I Made Budiana, serta undangan lainnya. Dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Badung membantu dana Kreatifitas sebesar Rp 30 juta yang diserahkan oleh Sekda Adi Arnawa dan diterima langsung Ketua Panitia Rangda Festival Ida Bagus Gede Suparsa.

Dalam sambutannya Sekda Badung Wayan Adi Arnawa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik serta memberikan apresiasi dan rasa bangga kepada Sekaa Teruna Windhu Sari Banjar Batanbuah yang sudah bisa melaksanakan Lomba Tari Rangda dan Mekendang Tunggal dalam rangka kegiatan Batanbuah Festival. “Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya event yang sangat luar biasa ini dan pemerintah akan mendukung setiap tahun. Salah satu dari lima bidang prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Badung yaitu dalam rangka mendorong pelestarian adat, seni dan budaya di Kabupaten Badung. Hari ini kita bisa melihat dari Rangda Festival yang merupakan pertama kali dilaksanakan di Banjar Batanbuah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kedepan Kabupaten Badung yang pendapatannya paling besar dari sektor pariwisata tentu tidak akan lepas adat, seni dan budaya. Dan kepada sekaa teruna generasi penerus untuk selalu menjaga adat, seni dan budaya yang dimiliki. “Saya mewakili Bapak Bupati Badung mengajak Sekaa Teruna Windhu Sari agar terus melakukan kegiatan seperti ini dan jangan ragu-ragu karena kami pemerintah akan selalu mensupport untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan anak muda di Kabupaten Badung,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Rangda Festival Ida Bagus Gede Suparsa menyampaikan banyak terimakasih atas kehadiran Bapak Sekda Badung bersama para undangan lainnya, di acara Batanbuah Rangda Festival yang Pertama Tahun 2022 serangkaian menyambut Hari Ulang Tahun Sekaa Teruna Windhu Sari yang Ke-38 Tahun. Mengusung Tema” Meningkatkan Kreativitas Generasi Muda Berdasarkan Seni dan Budaya” dengan konsep Tri Hita Karana. “Dapat kami sampaikan kegiatan Batanbuah Rangda Festival ini sudah kami persiapkan dari tanggal 1 Oktober bulan lalu, walaupun waktunya sangat pendek namun semangat kami tidak pernah berhenti untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi untuk menciptakan sebuah rumusan kegiatan perlombaan Seni Tari Rangda dan Mekendang Tunggal. Acara Batanbuah Rangda Festival ini kami laksanakan selama dua hari Tanggal 8-9 Desember 2022 dan untuk penyerahaan hadiahnya kami serahkan pada Tanggal 10 Desember bertepatan pada perayaan HUT Sekaa Teruna Windhu Sari yang Ke-38 Tahun,” jelasnya.

Sumber : Humas Badung

Editor : Hana