Jumpa Pers Jamkrida

Jumpa Pers Program Jamkrida/MB

Denpasar (Metrobali.com)-

PT Jamkrida Bali Mandara (JBM) mulai melirik para wirausahawan muda untuk memperkenalkan akses kreditnya.  Rencananya PT JBM yang  merupakan penjamin kredit besutan Pemprov Bali ini akan menggelar seminar yang menyasar para peserta dari kalangan wirausahawan muda bertajuk Pengenalan Akses Kredit Melalui Lembaga Keuangan dan Penjaminan Kredit Bagi Wirausaha Muda.  Demikian disampaikan Direktur Utama PT JBM I Ketut Widiana Karya, saat menggelar konferensi pers di Press Room Biro Humas Setda Provinsi Bal Senin (28/9).

Menurutnya seminar yang rencananya akan digelar pada 30 September mendatang ini juga mengandeng akan Bank Indonesia dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tenteng keberadaan Lembaga Keuangan dan Lembaga Penjaminan Kredit guna mendukung semakin berkembangnya bibit bibit wirausaha muda Bali, sekaligus mengedukasi para wirausaha muda yang sering   menghadapi kendala dalam memulai usahanya.

Ia merinci terdapat sejumlah kendala yang kerap dihadapi wirausaha muda dalam menjalankan usahanya seperti kendala manajemen, SDM termasuk kendala permodalan yang merupakan  kendala utama. Ia berharap keberadaan PT JBM ini akan mampu menjadi solusi karena PT JBM sebagai Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah Bali  dapat membantu para pengusaha dalam  memperoleh akses kredit ke lembaga perbankan.

Penjaminann kredit UMKM dilakukan dalamm bentuk pemberian penjaminan untuk akses kredit bagi UMKM dan Koperasi yang mempunyai usaha layak namun tidak memenuhi persyaratan teknis perbankan khususnya pemenuhan agunan.  Ditambahkan Direktur PT JBM, Indra Putra, PT JBM  yang sudah beroperasi  selama 4 tahun telah banyak mendukung akses kredit bagi masyarakat dalam sektor produktif maupun non produktif dimana tercatat hingga akhir Agustus 2015 PT JBM telah menjamin kredit sebesar Rp.2,1 triliun dengan jumlah terjamin sebanyak 25.218 debitur.

Rencananya kegiatan seminar ini akan mengambil tempat penyelenggaraan di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan akan menghadirkan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta sebagai keynote speaker.

Seminar juga akan disajikan dalam bentuk diskusi panel yang diisi oleh tiga pembicara yang berasal dari kalangan akademisi diisi oleh Sutrisna Dewi dari FE Universitas Udayana, dari pihak perbankan diisi oleh Alex Purnadi Chandra dari PT Bank Lestari serta PT JBM diisi oleh I Ketut Widiana Karya. Dalam seminar nanti juga akan diadakan penandatanganan akad kredit dan pemberian penghargaan kepada wirausaha muda yang sukses dibidangnya.

Akan tampil pula wirausaha muda  binaan PT JBM yakni Nature Cakes dan Yeh Pasih yang akan menyampaikan preview usaha yang mereka jalankan dengan dukungan lembaga keuangan dan penjaminan kredit yang nantinya diharapkan dapat memberikan gambaran dan menginspirasi bibit-bibit wirausaha muda lain untuk berani memulai dan mengembangkan usahanya.

Pada konferensi pers yang difasilitasi oleh Biro Humas Setda Provinsi Bali itu, Widiana Karya,  berharap ke depan keberadaan PT JBM dapat menggeliatkan perekonomian Bali khususnya di kalangan anak muda.

Dikatakan, proses pengajuan penjaminan bisa diajukan oleh pihak perbankan dan sebaliknya bisa juga diajukan oleh calon debitur kepada PT Jamkrida  serta  batasan besarnya kredit yang diajukan ke pihak perbankan  akan disesuaikan dengan kemampuan UMKM.

Wartawan BMC TV  Made  Arnawa menyorot pentingnya sosialisasi program proses pengajuan Jamkrida ke masyarakat di pedesaan mengingat informasi belum sampai dengan maksimal ke masyarakat desa.

Menagggapi hal tersebut Widiana menyampaikan bahwasannya sosialisasi Jamkrida telah dilakukan bersama sama denagn Bank  BPD Bali kesejumlah pasar pasar tradisional dan kedepannya pihaknya akan terus  meningkatkan sosialisasi ke masyarakat sehingga diharapkan wirausaha muda akan bermunculan lebih banyak lagi sehingga pertumbuhan ekonomi Bali juga akan meningkat secara signifikan. AD-MB

Baca Juga :
Dunia menanti koreksi Biden pada kebijakan Trump