Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sanur Village Festival 2019: Sebanyak 25 Jukung Warna Warni Hiasi Pantai Sanur

Metro Bali
single-image

 

LOMBA: Sebanyak 25 jukung mengikuti lomba di Pantai Segara Sanur, serangkaian Sanur Village Festival 2019, Rabu (21/8). 

Denpasar, (Metrobali.com)-
Suasana pagi di Pantai Segara Sanur terlihat berbeda dari biasanya, Rabu (21/8). Sebanyak 25 jukung warna-warni terparkir rapi di bibir pantai. Beberapa wisatawan terlihat ada yang mendekati jukung untuk mengambil foto.

Puluhan jukung ini akan mengikuti lomba jukung serangkaian Sanur Village Festival (SVF) 2019. Para nelayan akan menempuh jarak 15 km dengan mengandalkan angin dan tenaga dalam mendayung jukung.

Ketua Panitia yang juga ketua Persatuan Jukung Penambang Dewi Satayujanagandhi Sanur, I Wayan Jelantik mengatakan para peserta akan melewati rute Pantai Segara, Loloan Taman, Tower Mertasari, dan kembali ke Pantai Segara.

“Lomba kali ini sudah masuk babak final. Penyisihannya sudah dilaksanakan sejak sebulan lalu,” ujar Jelantik.

Lomba ini bertujuan untuk mempertahankan eksistensi jukung layar atau perahu layar yang kini hanya ada di Sanur saja. Sehingga dengan adanya perlombaan ini pihaknya optimis jukung ini akan tetap ada di Sanur.

Dalam lomba ini kecepatan jukung dan ketangkasan nakhoda menjadi kunci untuk memenangkan kompetisi. Disamping kondisi air, arah angin juga turut mempengaruhi.

“Karena kami ini menggunakan perahu tradisional, maka bergantung pada kondisi alam. Khususnya angin yang bisa menggerakan perahu-perahu layar ini,” ujar Jelantik

Salah satu peserta lomba, I Wayan Suwena mengatakan persiapan lomba telah dilakukan sejak sebulan yang lalu untuk ikut berpartisipasi pada acara Sanur Village Festival.

“Sudah sejak sebulan lalu persiapan lomba saya lakukan, mulai dari mengecat hingga menambal bagian jukung jika ada yang berlubang. Hari ni saya turunkan dua jukung, yang satu dikemudiakan teman,” ujar Suwena.

Baca Juga :
Presiden : Komunikasi Masa Transisi Jangan Dipolitisasi

Nelayan berharap jukung layar ini tetap ada dan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke bali khususnya kawasan Sanur.  (RED-BE-TIM MB)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.