Keterangan Foto : Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Komang Sugiartha membuka Diklat Paskibraka ditandai dengan penyematan topi dan pemasangan lencana kepada perwakilan anggota diklat di Hotel Puri Saron, pada Senin (5/8)

Denpasar (Metrobali.com)-

Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Denpasar yang menjadi  pengibar bendera pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 mendatang saat ini menjalani diklat Pelatihan Desa Bahagia Paskibraka di Hotel Puri Saron, Denpasar, Senin (5/8).

Kegiatan yang bertujuan untuk memantapkan kesiapan fisik dan mental para calon Paskibraka ini dibuka Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Denpasar, Komang Sugiartha ditandai penyematan topi dan lencana kepada perwakilan anggota diklat. Hadir dalam kesempatan tersebut Kodim 1611/Badung, Ketua PPI Kota Denpasar serta calon Paskibraka Kota Denpasar tahun 2019.

Dalam sambutan Walikota Denpasar yang dibacakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Komang Sugiartha mengatakan bahwa diklat yang dilaksanakan guna memantapkan kesiapan fisik dan mental ini sengat penting dilakukan. Mengingat, tugas yang akan diemban para calon Paskibraka memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam memastikan bendera pusaka dapat berkibar sempurna saat apel pengibaran bendera dan penurunan bendera pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019.

“Dengan pelatihan ini diharapkan mampu mencetak Paskibraka yang unggul baik di lapangan maupun memiliki mental yang kuat, sebagai generasi muda yang kreatif, inovatif serta berbudi pekerti luhur guna mencapai kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Komang Sugiartha menambahkan bahwa tergabung dalam Tim Paskibraka merupakan tugas yang mulia. Sehingga sebagai generasi muda bangsa hendaknya mengikuti diklat pelatihan ini dengan baik. Sebagai implementasi nilai disiplin dan tanggung jawab kepada bangsa.

Baca Juga :
Warga Kesal, Sampah Dibuang Sembarangan

“Mewakili Pemkot Denpasar kami berharap seluruh tahapan mampu diikuti dengan baik dan diemban dengan maksimal sebagai bentuk pengabdian kepada nusa dan bangsa,” paparnya.

Sementara, Ketua Paskibraka Kota Denpasar, Made Edi Agustisna menjelaskan bahwa kegiatan diklat ini diikuti 70 peserta diantaranya 35 putra dan 35 putri yang sudah dipilih melalui seleksi dari seluruh SMA/SMK di Kota Denpasar. Selama diklat ini akan dilaksanakan latihan untuk para anggota Paskibra yang akan digunakan pada 17 Agustus di Taman Kota Lumintang nanti.

“Diklat dimulai dari tanggal 8 Juli sampai 18 Agustus 2019.Latihan ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu latihan lapangan dan latihan di asrama/camp, dimana untuk latihan lapangan meliputi latihan materi fisik dan latihan baris berbaris, sementara latihan asrama/camp meliputi ada dari BNN, Ibu Santi Sastra, Paskibraka Nasional, Polresta, Kodim, serta ada pemilihan putra putri terbaik paskibra Kota Denpasar pada tanggal 11 Agustus 2019,”ujarnya. (Arm,Rah/humasdps)