Sambut Hari Sumpah Pemuda ke-93, Garda Pemuda NasDem Bali dan PSP “Meyadnya” Donor Darah, Peserta Pulang Bawa Sembako dan Baju Kos

single-image

Foto: Suasana aksi kemanusiaan donor darah yang diselenggarakan di Sekretariat DPW NasDem Bali, Rabu (27/10/2021).

Denpasar (Metrobali.com)-

Berderma atau beryadnya darah adalah suatu hal yang sangat mulia dan setetes darah mampu menyelamatkan nyawa sesama.

Menyadari hal ini, DPW Garda Pemuda NasDem Provinsi Bali bersama DPW Partai NasDem Provinsi Bali bersinergi bersama Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP), Garnita Malahayati (Garda Wanita) NasDem, dan Badan Rescue NasDem bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menggelar aksi donor darah di Sekretariat DPW NasDem Bali, Rabu (27/10/2021) dan Kamis (28/10/2021).

Ngiring meyadnya donor demi semeton irage sane membutuhkan (ayo bersosial donor darah demi saudara kita yang membutuhkan). Demikian ajakan yang digaungkan di masa pandemi Covid-19 untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda yang memasuki perayaan ke-93 tahun 2021.

Tak sekadar meminta keikhlasan mendonor darah, Garda Pemuda NasDem Provinsi Bali bersama DPW Partai NasDem Provinsi Bali memberikan sembako dan kaos bagi masyarakat yang memenuhi syarat.

Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali, I Kadek Sujanayasa mengatakan berbagi di masa pandemi tak selalu harus berupa sumbangan materi. “Ini rangkaian dari gerakan Pemuda Siaga Pandemi Jilid II. Kami bergerak untuk membantu sesama dan kebetulan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Kamis, 28 Oktober 2021,” ucap politisi yang kini mengemban amanah sebagai anggota DPRD Karangasem itu.

Kegiatan di hari pertama ini juga melibatkan Garda Pemuda NasDem Jembrana, Buleleng, Karangasem, Bangli, dan Klungkung. Tak hanya kader NasDem, masyarakat umum juga sangat antusias mendonorkan darahnya untuk membantu sesama di masa pandemi Covid-19.

“Sebagai bentuk apresiasi DPW NasDem Bali memberikan sembako dan baju kaos bagi peserta yang memenuhi syarat sebagai pendonor,” terang Sujanayasa.

Baca Juga :
Dewan Desak Kakanwil Kemenhum dan HAM Bali Dicopot

Imbuhnya, aksi sosial donor darah hari kedua, Kamis (28/10/2021) masih terbuka untuk masyarakat umum. Donor darah akan dilakukan di Sekretariat DPW NasDem Bali, Jalan Tukad Batanghari Nomor 7 Denpasar.

“Masyarakat yang ingin menyumbangkan darah dan mendapatkan apresiasi berupa sembako dan baju kaos bisa mendaftar via handphone. Silakan hubungi Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dr. Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked di nomor Whatsapp 081 2392 7007 atau Isna Saputri di nomor Whatsapp 089 543 377 0088,” jelas Sujanayasa sembari menyebut Pemuda Siaga Pandemi Jilid II hari kedua melibatkan DPW NasDem Bali serta Garda Pemuda NasDem Denpasar, Badung, Tabanan, dan Gianyar.

Ditemui di lokasi donor, Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dr. Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked menyatakan pihaknya mematok syarat ketat bagi calon pendonor. Di antaranya sehat jasmani dan rohani, berusia 17-60 tahun, berat badan lebih dari 45 kg, kadar hemoglobin 12,5-17 g/dl, tekanan darah sistolik/diastolik 1110/60- 160/100 mmHg, nadi teratur 50-100/menit, dan bagi pendonor wanita tidak sedang haid, hamil, atau menyusui.

“Di hari pertama, dari 102 pendonor yang mendaftar berhasil terkumpul 88 kantong darah. Kantong darah ini akan didistribusikan langsung oleh PMI Provinsi Bali bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Terkait persiapan aksi sosial di hari kedua, Sekretaris DPW Garda Pemuda NasDem Bali, I Gusti Agung Ngurah Gede Agung Brahmantara, S.E., mengatakan 150 peserta diprediksi akan hadir untuk menyumbangkan darahnya.

“Sembako sudah tercover untuk 300 paket. Kalau lebih, kami akan salurkan pada kegiatan sosial lainnya bagi mereka yang membutuhkan. Bagi masyarakat yang berminat beryadnya melalui donor bisa langsung datang ke Sekretariat DPW NasDem Bali. Tentunya harus taat pada protokol kesehatan,” tutupnya. (dan)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.