Sejak didapuk menjadi Duta Baca Indonesia, Gol A Gong tidak henti-hentinya menggeliatkan gerakan literasi di daerah-daerah. Kali ini, Jumat-Minggu, 21-23 Mei 2021 ia bersama relawan komunitas Motor Literasi dan Rumah Dunia bersafari ke Desa Adat Warungbanten, Lebak.

Perjalanan dimulai dari Rumah Dunia. Pada pukul 07.00, selepas doa bersama, Gol A Gong bersama 13 relawan berangkat menuju selatan Banten, dengan menunggangi motor. Sebelum sampai, dalam perjalanan Gol A Gong menyempatkan diri berdiskusi bersama Forum TBM melalui live Instagram dalam acara Aku, Buku dan TBM dengan tema Berdaya dengan Buku, pada pukul 14.00 – 15.00 di Pantai Pasir Putih, Cihara.

Rombongan sampai pukul 17.00, dan langsung disambut hangat oleh Kepala Desa Warungbanten. Selepas Isa masyarakat Desa Warungbanten menampikam pertunjukan seni;
nampiling (kendang, kecapi dan suling), angklung dogdog lojor (angklung buhun) yang menjadi kesenian khas Desa Warungbanten dan terus dilestarikan hingga saat ini, hingga ke genarsi muda.

Sabtu, 22 Mei, setelah berkeliling kampung, melihat keindahan dan potensi yang dimiliki Desa Warungbanten, para relawan mengajak anak-anak usia TK dan SD mendengarkan dongeng dari Kak Susi. Kemudian dilanjutkan pelatihan sekaligus praktik menulis puisi; Desaku yang Indah dalam Puisi bersama Toto ST Radik (penyair), dan Rahmat Heldy HS (Duta Baca Provinsi Banten) untuk siswa SMP dan SMA. Hasil karya dikumpulkan dan akan dijadikan dokumentasi desa juga Perpustakaan Nasional. Pada kesempatan itu dipilih puisi terbaik mendapatkan apresiasi berupa hadiah dari Kepala Desa.

Selepas duhur, kegiatan dilanjutkan pelatihan Membuat Alat Peraga Dongeng dari Dus Bekas bersama guru-guru PAUD dan TK di sekitar Desa Warungbanten. Para peserta antusias dalam mengikuti acara. Salah satu peserta, Irna, guru Kober Mentari dari kampung Ciputer, Desa Cibeber mengungkapkan rasa senang bisa menerima pelatihan ini. Ia mengaku baru pertama kali menerima pelatihan semacam ini. Pelatihan sangaat membantu untuk menambah alat peraga edukasi, serta ia yakin dapat membantu merangsang motorik halus anak didiknya.

Baca Juga :
Ketua DPR Prihatin OC Kaligis Jadi Tersangka

Puncaknya adalah diskusi, Ngariung Literasi dengan Literasi dalam Pemberdayaan Masyarakat, bersama Duta Baca Indonesia, Duta Baca Provinsi Banten, dan Kepala Desa Warungbanten, dimoderatori oleh pegiat literasi, Budi Lengket, yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube GolAGong TV pada pukul 20.00 WIB. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, Dr. Adin Bondar, M. Si. Acara kemudian ditutup dengan donasi buku dari Duta Baca Indonesia untuk para pegiat literasi yang hadir dalam acara tersebut, serta Perpustakaan Desa Warungbanten.

Gol A Gong berharap acara semacam ini dapat diadaptasi oleh duta baca di daerah-daerah dengan modifikasi yang lebih kreatif, selain itu juga dapat di kolaborasikan dengan berbagai pihak yang mendukung gerakan literasi, untuk pembudayaan minat baca masyarakat.

Dalam kesempatan ini Gol A Gong berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja ketas agar terlaksananya kegiatan ini, terutama Perpustakaan Nasional RI, dan masyarakat Desa Warungbanten. Selain itu ia juga mengapresiasi Honda Banten, yang juga ikut mendukung rangkaian acara Safari Literasi Duta Baca Indonesia ke Desa Warungbanten.

Tim PusDok DBI 2021