Buleleng, (Metrobali.com)

Herry Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama Gol A Gong, pada 30 April 2021 lalu dinobatkan sebagai Duta Baca Indonesia (DBI). Dimana sebagai DBI, mengemban tanggung jawab untuk meningkatkan minat baca dan tulis masyarakat di seluruh Indonesia.

Disela-sela kunjungannya ke Kabupaten Buleleng pada Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, pada Jumat, (12/2/2022), Gol A Gong mengatakan upaya untuk meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat, diwujudkan dengan kampanye budaya membaca dan menulis melalui Safari Literasi.

“Safari Literasi itu adalah cara yang sangat efektif dan produktif dengan mendatangi langsung daerah-daerah. Dimana di tahun ini, kegiatannya menyasar 33 kota di seluruh Indonesia yang dimulai dari 18 Januari – 2 April 2022. Hal ini dilakukan bekerjasama dengan pemerintah, sekolah, dan komunitas.” urainya.

Iapun mengungkapkan dirinya itu sebagai inisiator, membuat kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti pembacaan puisi, orasi, pemutaran film, peluncuran buku, pidato kebudayaan dan pelatihan menulis.

“Melalui kegiatan Safari Literasi, kita sampaikan kepada masyarakat bahwa membaca dan menulis bisa meningkatkan kualitas hidup dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.” ujar Gol A Gong menegaskan.

Diungkapkan juga, bahwa melalui Safari Literasi keliling Indonesia, menemukan fakta bahwa minat baca di Indonesia sebenarnya tinggi, namun tidak diimbangi dengan buku bacaan yang cukup.

“ Dengan kurangnya buku bacaan, kita berharap pemerintah pusat dan daerah setempat dapat semaksimal mungkin mendukung dari segi penyediaan bahan bacaan.” tandas Gol A Gong.

Untuk diketahui, Gol A Gong adalah seorang penulis dan aktivis literasi kelahiran 15 Agustus 1963. Sebagai penulis, Gol A Gong telah menulis ratusan buku. Selain itu, Gol A Gong juga aktif di dunia literasi melalui Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia dan komunitas Rumah Dunia. GS

Baca Juga :
Pebalap Jagonya Ayam Finis di Posisi Lima Besar