Jakarta, (Metrobali.com) 

 

Pelaku industri teknologi di Rusia akan meluncurkan Rossgram, sebagai pengganti Instagram yang diblokir di negara tersebut.

Rossgram, dikutip dari Reuters, Kamis, akan diluncurkan pada 28 Maret. Aplikasi ini tidak hanya untuk berbagi foto, tapi, juga memiliki layanan berbayar dan urun dana.

“Rekan saya Kirill Filimonov dan kelompok pengembang kami sudah siap dengan peristiwa ini dan tidak ingin melewatkan kesempatan membuat jejaring sosial populer tersebut versi Rusia, oleh anak bangsa,” kata direktur hubungan masyarakat Rossgram, Alexander Zobov.

Zobov membagikan foto di platform Vkontakt tentang Rossgram, pilihan warna dan tata letak aplikasi tersebut mirip Instagram.

Rusia sejak beberapa waktu belakangan sedang gencar mengembangkan teknologi dalam negeri, salah satunya ponsel AYYA T1 buatan konglomerasi Rostec.

Pada November 2021, Gazprom Media meluncurkan Yappy, platform mirip TikTok.

Regulator komunikasi Rusia Roskomnadzor memblokir Instagram sejak pekan lalu karena Meta Platforms, perusahaan induk Instagram dan Facebook, mengizinkan unggahan bernada kebencian tentang Rusia.

Meta beralasan adalah salah mencegah Ukraina mengekspresikan kemarahan mereka atas invasi Rusia.

Sumber : Antara

Baca Juga :
Wabup Kasta Bantu Bocah Yatim Asal Bungbungan Alat Bantu Dengar