Jembrana (Metrobali.com)

 

Sebanyak tiga (3) desa dan dua (2) kelurahan di Kabupaten Jembrana mendapatkan bantuan pipa dari Pemkab Jembrana. Pipa berbagai ukuran sebanyak 1.335 buah diserahkan secara simbolis di kantor BPBD Jembrana.

Ketiga desa diantaranya Desa Penyaringan di Kecamatan Mendoyo, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana dan Desa Melaya, Kecamatan Melaya. Sedangkan dua kelurahan yang mendapatkan bantuan pipa yakni Kelurahan Tegalcangkring di Kecamatan Mendoyo dan Kelurahan Pendem di Kecamatan Jembrana.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana, I Putu Agus Artana Putra mengatakan bantuan pipa sebagai pengganti pipa yang rusak akibat diterjang banjir bandang pada hari Minggu, 17 Oktober 2022 yang lalu.

Bantuan pipa menurutnya sudah diserahkan oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba beberapa waktu lalu. “Total ada 1.335 buah pipa, ukurannya berbeda-beda. Bantuan pipa Itu untuk di 5 desa dan kelurahan” jelasnya.

Pembelian bantuan pipa menurutnya dengan menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT) yang nilainya mencapai Rp.709 juta. “Kita (BPBD) punya anggaran BTT sebesar Rp.3 miliar. Anggaran ini khusus kedaruratan bencana banjir bandang” ungkap Agus belum lama.

Disebutnya anggaran BTT ini juga diperuntukan dimasa recovery (pemulihan) seperti pembangunan jembatan Gelar di Desa Batuagung, sewa alat berat dan yang lainnya.

Data BPBD Jembrana, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo mendapat bantuan pipa 4″ dim 51 buah dan pipa 3″ dim 333 buah. Kelurahan Tegalcangkring pipa 4″ dim 83 buah dan pipa 3″ dim 167 buah. Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana pipa 6″ dim 40 buah dan pipa 0,5″ dim sebanyak 150 buah.

Selanjutnya Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana pipa 3″ dim sebanyak 250 buah dan Desa Melaya di Kecamatan Melaya pipa 4″ dim 2 buah, pipa 3″ dim 28 buah, pipa 2,5″ dim 18 buah, pipa 0,5″ dim 10 buah, pipa 1,5″ dim 173 buah dan pipa 2″ dim 30 buah. (Komang Tole).