bupati-dan-warga-umat-hindu-melasti-ke-segara-ujung
Karangasem (Metrobali.com)-
Ribuan pemedek Pura Penataran Agung Puncak Gunung Kembar Kenusut ikuti prosesi Melasti ke Segara Ujung, Kamis (03/11/2016). Kegiatan ini dilaksanakan serangkaian menyambut Puncak Karya Mamungkah, Nubung Daging, dan Ngenteg Linggih di Pura Penataran Agung Puncak Gunung Kembar Kenusut Desa Adat Jumenang Kecamatan Karangasem pada Purnama Sasih Kalima tanggal 14 November 2016 mendatang.
Iring-iringan melasti berangkat dari Pura Penataran Agung Puncak Gunung Kembar Kenusut mulai pukul 06.30 Wita dengan mengusung pratima Ida Bhatara dengan berjalan kaki. Upacara ini bertujuan untuk melepas unsur negatif yang bersentuhan dengan manusia dan sekaligus menyucikan seluruh pratima ida betara dan perlengkapannya dengan disertai berbagai bebantenan sesajian.
warga-umat-hindu-melasti-ke-segara-ujung
Sebelum persembahyangan, dilaksanakan upakara Pakelem ke tengah Segara Ujung. Wewalungan yang dipakelem berupa Kambing, Anjing, bebek dan Ayam yang berwarna serba hitam disertai bebantenan lainnya.
Ketua Prawartaka Karya Plt. Asisten II Ekonomi Pembangunan I Made Sujana Erawan mengatakan ada beberapa rangkaian upakara yang akan dilaksanakan, yaitu Mapepada, Tawur Agung, dan Puncak Karya yang akan dilaksanakan tanggal 14 November mendatang.
“Puncak karya akan dipuput oleh dua puluh satu Sulinggih. Setelah Puncak Karya akan dilaksanakan Penganyar yang diikuti seluruh Kabupaten/kota seBali dan juga pemerintah Provinsi Bali. Dan Ida Bhatara akan Nyinep tanggal 26 November 2016 mendatang,”
ungkapnya.
Upakara Melasti di Segara Ujung dipuput oleh Ida Pedanda Istri Ngurah dari Geria Cangapit Sidemen dan Ida Pedanda Gede Nyoman Jelantik Dwaja dari Geria Budakeling. Prosesi Melasti di Segara Ujung ini juga menampilkan tari rejang dan baris yang diiringi alunan gamelan.
20161103_112748-1024x768
Tampak hadir saat prosesi Melasti di Segara Ujung, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri beserta I Gusti Made Tusan, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Asisten I Tata Praja I Ketut Wage Saputra, Asisten III Administrasi Umum I Wayan Supandi, Ketua KNPI
Karangasem I Gusti Parwata, Kabag Kesra I Putu Arnawa, Kabag Humas dan Protokol I Made Supartha, Ketua PHDI Karangasem I Wayan Astika, para Kepala SKPD terkait di jajaran Pemkab. Karangasem, dan para krama penyungsung pura. Selain itu, tampak pula
hadir mantan Gubernur Bali Dewa Made Beratha, mantan Bupati Karangasem I Wayan Gredeg dan umat sedharma dari berbagai penjuru. RED-MB
Baca Juga :
Pertumbuhan Ekonomi Bali Ditopang dari Selatan