Dihadiri Ketum DPP Partai Golkar, Erlangga Sutanto

Badung (Metrobali.com)-

Lebih dari 2.500 orang krama mengantar jenazah “Sang Patriot Politik dari Kerobokan Hingga Senayan” I Gusti Ketut Adhiputra menuju ke Setra Ganda Bayu Kerobokan, Sabtu (13/01). Iring-iringan prosesi jenazah dalam upacara pelebon IGK Adhiputra, berlangsung hidmat dari rumah duka Jero Pengubungan Kerobokan Kuta Utara di Jalan Raya Kerobokan Canggu 88.
Ribuan semeton agung Jero Kelodan bahu membahu dan bergotong royong, membantu kelancaran jalannya prosesi pelebon anggota DPR RI periode 2009-2014 ini. Sejak pagi, semeton agung Jero Kelodan sudah terlihat sibuk mempersiapkan segala upakara demi lancarnya pelebonan.
Putra sulung Alm. IGK Adhiputra, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, menerangkan upakara atiwa-tiwa IGK Adhiputra ini telah diawali pada Selasa 2 Januari 2018 berupa upacara Gedongan di Banjar Gede Kelurahan Kerobokan Kuta Utara.
Seminggu kemudian tepatnya Selasa 9 Januari 2018 dilaksanakan upacara pembersihan, ngeringkes dan ngaturang saji di Jero Pengubungan yang dipuput Ida Pedanda Putra dari Griya Telaga Sanur.
Tokoh Golkar yang lebih akrab dipanggil Gus Adhi ini, juga menjelaskan pada Jumat 12 Januari 2018, dilaksanakan upacara ngajum dan pengaskaran di Jero Pengubungan yang dipuput Ida Pedanda Putra dari Griya Telaga Sanur. Puncak acara yakni pelebon dilaksanakan hari Sabtu 13 Januari 2018.
“Semoga hakekat yadnya yang kami lakukan bisa memberikan hal yang baik untuk kita semua. Semoga apa yang kami doakan kepada ayahanda kami mendapat tempat yang layak disisi Tuhan”, harap Gus Adhi.
Gus Adhi mengatakan, level upacara pelebon ini menggunakan tingkatan utama. “Hal ini kami lakukan sebagai wujud bakti kami kepada ayahanda kami tercinta IGK Adhiputra”, ucapnya sembari menambahkan yadnya merupakan persembahan suci tanpa pamrih.
“Upacara ini sebagai bentuk penghormatan kami kepada sosok insiprator dan motivator kami selama ini dan beliau layak mendapat penghormatan ini karena pengabdian Almarhum semasa hidupnya kepada keluarga dan masyarakat”, ungkapnya.
Pada kesempatan itu, Gus Adhi mewakili keluarga juga menyampaikan permohonan maaf almarhum kepada seluruh masyarakat apabila semasa hidup almarhum ada berbuat salah.
“Kami juga pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut membantu kelancaran upacara ini”, kata anggota Komisi IV DPR RI ini.
Upacara pelebon IGK Adhiputra, selain dihadiri semeton agung Jero Kelodan Kerobokan, juga tampak hadir mantan Bupati Badung dua periode Anak Agung Gde Agung dari Puri Mengwi, tokoh dari Puri Carangsari IGN Alit Yudha, serta seluruh undangan dari berbagai kalangan.
Ketua Umum DPP Partai Golkar Erlangga Sutanto, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, para petinggi DPP Partai Golkar diantaranya Aziz Syamsudin, Bambang Susatyo, Gde Sumarjaya Linggih, jajaran DPD Partai Golkar dari seluruh Bali, anggota Tarung Drajat, Pemuda Pancasila, Baladika Karya, juga ikut hadir di acara pelebon ini.
Pada kesempatan itu, dilaksanakan acara penyerahan jenazah dari pihak keluarga alm. IGK Adhiputra kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Erlangga Sutanto, disaksikan seluruh semeton agung Jero Kelodan dan hadirin serta undangan.
Erlangga Sutanto, dalam sambutannya menyatakan, alm. IGK Adhiputra merupakan seorang politikus yang paripurna, dan tokoh panutan tidak hanya bagi masyarakat Bali tetapi juga bagi keluarga besar Partai Golkar.
“Saya mewakili keluarga besar Partai Golkar, menyampaikan penghormatan terakhir kepada tokoh panutan IGK Adhiputra atas segala sumbangsih pemikiran, tenaga, dan juga dedikasinya kepada Partai Golkar. Selamat jalan sang patriot sejati, semangatmu akan selalu menginspirasi kami keluarga besar Partai Golkar”, ungkap Erlangga yang juga Menteri Perdagangan dan Perindustrian RI ini.
Usai acara penyerahan jenazah ini, prosesi pelebon ini pun kemudian dilaksanakan. Iring-iringan jenazah diawali dari pembawa upakara, krama semeton agung Jero Kelodan Kerobokan, dan bade atau wadah jenazah setinggi kurang lebih 20 meter. GA-MB
Baca Juga :
KPU Pertanyakan Materi Gugatan Soal 17,5 Juta DPT