Klungkung (Merobali.com)-

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kembali melanjutkan program inovasi Satu Desa Satu TK Negeri di Kabupaten Klungkung, Jumat (15/7). Mengawali penegerian TK tahun ini Bupati Suwirta meresmikan 3 TK Negeri di Kecamatan Nusa Penida. Masing-masing TK Kumarajaya Desa Sakti menjadi TK Negeri Desa Sakti, TK SD Satu Atap 2 Kutampi menjadi TK Negeri Desa Kutampi dan TK Tunas Harapan Sekartaji menjadi TK Negeri Desa Sekartaji.

Program ini sudah sejak tahun 2018 lalu dicanangkan dan Kabupaten Klungkung merupakan satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang mempunyai inovasi ini dengan tujuan untuk membuat kualitas sekolah dan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik.

Bupati Suwirta juga menambahkan adapun tujuan dari program inovasinya yang dicanangkan dari tahun 2018 ini diantaranya untuk membuat kualitas sekolah dan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik. Bupati juga sudah menugaskan masing-masing Perbekel terus mengawasi program TK Negeri ini agar tetap berjalan dengan sebaik-baiknya. “Para Perbekel agar bisa mengawasi program ini dengan baik. Upaya ini kita lakukan agar kedepan Satu Desa Satu TK Negeri ini tetap bisa berjalan secara maksimal,” imbuhnya.

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya Bupati Suwirta juga berharap agar kedepan anak-anak bisa semaksimal mungkin nanti mau sekolah disini untuk mendapatkan pelajaran yang maksimal. Untuk para guru pengajar, ajarkan nanti tentang pendidikan karakter yang baik. “Kabupaten Klungkung merupakan satu-satunya Kabupaten yang memiliki program ini. Dengan penegerian TK ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi anak-anak untuk mengikuti jenjang sekolah TK/Paud,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana mengatakan untuk tahun 2022 ini sebanyak 16 TK akan di negerikan masing-masing di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 3 TK Kecamatan Klungkung sebanyak 6 TK, Kecamatan Banjarangkan sebanyak 3 TK dan Kecamatan Dawan sebanyak 4 TK. Sedangkan penegerian TK Negeri ini sudah berjalan sejak tahun 2018 hingga saat ini sudah ada 50 TK yang di negerikan dari 53 Desa dan 6 Kelurahan di Kabupaten Klungkung. “Mudah-mudahan program ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :
Ekstra Ketat, Bandara Ngurah Rai Siapkan Kepulangan Raja Salman

Sementara Kepala Sekolah TK Negeri Desa Kutampi Ni Made Mastiasih mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Klungkung yang sudah mencanangkan program inovasi Satu Desa Satu TK Negeri di Kabupaten Klungkung. “Terimakasih Bapak Bupati atas program inovasi penegerian TK ini, semoga dengan penegerian ini kedepan semakin maju dan bisa memberikan pelayanan pembelajaran yang berkualitas kepada siswa,” ucapnya.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung