KARANGASEM (Metrobali.com)-

Seorang pemedek terpeleset saat hendak melakukan persembahyangan di Pura Telaga Mas, Pasar Agung, Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Kamis (10/3/2022). Awalnya korban bersama rombongan berjumlah 50 orang memulai perjalanan pada pukul 01.00 Wita. Namun nahas, dalam perjalanan naik korban terpeleset dan mengalami cedera sekitar pukul 04.00 Wita.

“Laporan tadi kami terima pukul 08.15 Wita dari anggota RAPI, untuk meminta bantuan evakuasi korban atas nama Wayan Siska (16), ” terang Gede Darmada, S.E., M.A.P. selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). Menindaklanjuti laporan tersebut, diberangkatkan personil sebanyak 6 orang dari Pos SAR Karangasem menuju lokasi.

Pada pukul 10.10 Wita tim SAR gabungan berhasil bertemu dengan korban dalam keadaan sadar dan selanjutnya diberikan pertolongan pertama. “Posisi korban pada ketinggian sekitar 1857 Mdpl dan kondisinya lecet di kaki juga terlihat bahunya bengkak, ” jelas Darmada.

Wayan Siska dievakuasi dengan menggunakan tandu dan akan dievakuasi menuju parkiran Pura Pasar Agung, selanjutnya dibawa ke Puskesmas Selat dengan menggunakan ambulance PMI untuk mendapatkan penanganan medis. Selama proses evakuasi turut melibatkan unsur SAR lain, diantaranya Damkar, BPBD Kabupaten Karangasem, RAPI, PMI, Babinsa Desa Sebudi, Babinkamtimnas Desa Sebudi, pemandu lokal, pihak keluarga dan masyarakat setempat. Evakuasi juga melibatkan BPBD Karangasem dan Damkar karangasem yang menerjunkan empat personilnya.

Baca Juga :
Aci Petabuhan di Pura Ulun Kulkul Besakih