Jakarta (Metrobali.com)-

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi kepulauan yang ada di wilayah Sumatera. Daerah yang memiliki banyak pulau-pulau kecil ini disebut juga sebagai Negeri Laskar Pelangi. Ya, julukan tersebut disematkan lantaran kisah Laskar Pelangi yang berasal dari Bangka Belitung.

Untuk berkunjung ke Bangka Belitung, biasanya orang memilih untuk menggunakan pesawat terbang, khususnya bagi mereka yang berada di luar pulau Sumatera. Salah satu maskapai penerbangan yang memiliki rute ke Bangka Belitung adalah Nam Air. Maskapai ini memiliki rute ke Pangkal Pinang dan Tanjung Pandan. Anda bisa mendapatkan tiketnya dengan cara pesan tiket pesawat online di aplikasi Traveloka.

Sebagai daerah kepulauan, Bangka Belitung sangat terkenal dengan wisata pantai. Ada banyak pilihan pantai dengan pemandangan memukau di daerah ini. Tak hanya pantai, Bangka Belitung juga memiliki banyak pulau-pulau kecil yang menawan. Tercatat ada sekitar 470 pulau di Bangka Belitung. Kedua hal ini menjadikan Bangka Belitung sebagai pilihan yang tepat untuk destinasi liburan. Berikut ini beberapa destinasi wisata pantai dan pulau yang ada di Bangka Belitung:

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan destinasi wisata yang paling populer di Bangka Belitung. Destinasi ini terkenal lewat film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu latar yang digunakan pada kedua film tersebut.

Pantai ini diapit oleh dua semenanjung, yakni Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Tempat wisata ini berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Salah satu yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Baca Juga :
Kepercayaan Orang Tua Menurun : TK Budeng Terancam Tutup

Pulau Lengkuas

Pulau cantik ini terletak di utara Pulau Belitung. Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan harus menyebrang dari Pulau Bangka selama kurang lebih 30 menit. Destinasi wisata ini sangat identik dengan mercusuar yang menjulang tinggi di tengah pulau. Pulau Lengkuas juga dikelilingi dengan lautan jernih yang memanjakan mata.

Pantai Tanjung Kelayang

Serupa dengan Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang juga dipenuhi dengan batu granit yang super besar. Bebatuan tersebut mempunyai tampilan yang mirip dengan kepala burung garuda. Destinasi wisata ini merupakan salah satu wisata unggulan di Bangka Belitung. Pada tahun 2016 lalu, pemerintah menetapkan Pantai Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dengan kegiatan utama di bidang Pariwisata.

Pulau Batu Berlayar

Dinamakan Pulau Batu Berlayar karena ketika air pasang, bebatuan yang ada di pulau ini seolah berlayar di atas lautan. Saat berkunjung ke pulau ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan memukau dengan batuan granit putih yang menjulang tinggi. Selain itu, lautnya yang jernih membuat wisatawan bisa melihat ikan atau ubur-ubur dengan cukup jelas. Waktu yang tepat bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini adalah saat sore hari sambil melihat matahari terbenam.

Pantai Matras

Terletak di lokasi yang mudah dijangkau, membuat Pantai Matras menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi masyarakat. Selain akses yang mudah dijangkau, biaya untuk masuk area pantai juga sangat terjangkau, sehingga tidak heran jika pantai ini disebut juga sebagai pantai rakyat. Pantai ini adalah pantai terpanjang di pulau Bangka. Tidak jauh berbeda dengan pantai yang lain, Pantai Matras juga mempunyai pemandangan batu granit khas Bangka Belitung.

Pulau Kepayang

Baca Juga :
Belajar Dari Kegagalan Yunani Mengenali Populisme Semu

Pulau dengan luas kurang lebih 14 hektar ini merupakan yang terbesar dibandingkan pulau-pulau lain yang ada di Utara Belitung. Pulau Kepayang dikelilingi oleh pantai pasir putih yang dihiasi dengan batuan granit raksasa. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Selain menikmati suasana pantai, di sini pengunjung juga bisa melihat kekayaan bawah laut pantai ini.

Pantai Parai Tenggiri

Di Pulau Bangka, Pantai Parai Tenggiri termasuk salah satu yang cukup populer. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di pantai yang cantik ini. Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini akan melihat banyak batu granit alami yang bersanding dengan pasir putih yang lembut. Tidak hanya menikmati keindahan pantai, di Pantai Parai Tenggiri pengunjung juga bisa menyelam untuk melihat terumbu karang.

 

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata pantai dan pulau yang ada di Bangka Belitung. Secara umum, pantai dan pulau yang ada di daerah ini mempunyai pemandangan alam yang sangat menawan. Selain pantai dan pulau, Bangka Belitung juga memiliki beragam jenis tempat wisata lainnya, seperti replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Museum Timah Indonesia, Bukit Peramun, dan Danau Kaolin Belitung. Tidak lupa, ketika Anda berlibur ke sini, jangan ragu untuk mencoba ragam kuliner menarik khas Bangka Belitung, mulai dari mie Bangka, lempah, berego, lakse, hingga martabak manis khas Pulau Bangka.