Buleleng (Metrobali.com) –

HUT Kota Singaraja ke 418 tahun di Tahun 2022, kali ini bertemakan “Bangkit dan Berseri.” Serangkaian perayaannya, pihak Panitia Tetap (Pantap) HUT Kota Singaraja melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menggelar beberapa kegiatan, salah satunya “Hunting Foto” yang berlokasi di Museum Sunda Ketjil, eks Pelabuhan Buleleng, pada Minggu, (20/3/2022).

Ditemui disela-sela kegiatan, Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Gede Angga Prasaja seijin Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng mengatakan, “Hunting Foto” dengan tema “Mengenang Kembali Soenda Ketjil” adalah untuk memberi ruang berkarya, berekspresi serta mengasah kemampuan melalui karya poto maupun video bersama komunitas fotografer baik dari Buleleng maupun luar Buleleng.

Selain itu, ucap Kabid Angga bahwasannya, hunting foto ini untuk mengenalkan Buleleng dan Museum Soenda Ketjil di hari ulang tahunnya kepada masyarakat melalui karya visual yang artistik yang nantinya akan di tayangkan pada sosial media Dinas Kebudayaan dan Pemkab_Buleleng.

Lebih jauh ungkap Kabid Angga, para fotografer mengambil obyek foto di museum dan sekitaran Pelabuhan Tua Buleleng dengan konsep klasik Bali dan klasik kolonial dengan diperankan 4 model dari Dinas Kebudayaan sendiri. “Kegiatan ini semua gratis, puluhan fotografer sangat antusias ikut di dalamnya. 2 hasil karya terbaik masing-masing fotografer akan ditayangkan pada sosial media pemerintah,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Kabid Angga, meskipun masih di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat untuk mengenalkan sejarah Kota Singaraja yang dulu pernah menjadi ibu kota. “Kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyak kepada seluruh komunitas fotografer, Sutri Bali dan MY potografer atas dukungan dan kolaborasinya, sehingga acara bisa terlaksana dengan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu fotografer yang akrab disapa Gung Yudha mengatakan, alasan ikut “Hunting Foto” adalah sebagai hobi dan untuk mengenalkan kebudayaan Kota Singaraja melalui seni fotografi. “Kami di komunitas Fotografi Buleleng mempunyai tujuan pelestarian dan pengembangan budaya dalam usaha ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Baca Juga :
Siap Tindak Tegas, Sekda Dewa Indra Minta Instansi, Organisasi Serta Lembaga Percepat Implementasi Pergub 79, 80 dan 97 Tahun 2018

Selain itu, Gung Yudha yang sudah memiliki hobi fotografi sejak SMP menjelaskan sangat tertarik akan event seperti yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng, dirinya bersama komunitas hanya ikut mendukung dan meramaikan serangkaian HUT Kota Singaraja ke 418.

Di tahun 2022 ini, Gung Yudha mengungkapkan akan menjalankan program pribadinya bersama komunitas yang sempat tertunda di tahun 2021 lalu yakni mengenalkan kembali kebudayaan-kebudayaan khas Buleleng melalui seni fotografi dan katalog kebudayaan. GS